BI Siapkan Rp7,10 Triliun Penuhi Kebutuhan Masyarakat Sumbar selama Ramadan dan Idul Fitri 2021

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama A (Foto: Covesia/Primadoni)

Covesia.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan uang tunai sebesar Rp7,10 triliun dengan komposisi Rp6,5 triliun uang pecahan besar dan 600 miliar uang pecahan kecil untuk penuhi kebutuhan masyarakat se-Sumbar selama periode Ramadan/Idul Fitri tahun 2021.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama A, mengatakan jumlah tahun ini meningkat sebesar 65,11% (yoy) dibandingkan tahun lalu sebesar Rp4,31 triliun.

“Hal ini sebanding dengan meningkatnya proyeksi kebutuhan uang tunai dari periode ramadan tahun lalu, dimana kita sedang dalam masa PSBB, sehingga kebutuhan uang tunai juga menurun drastis. Pada  tahun ini diperkirakan suasana lebaran lebih rame sehingga kebutuhan uang oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan lebaran dan untuk berbagi juga mengalami peningkatan,” ungkap Wahyu dalam keterangan persnya, Senin (26/4/2021).

Nantinya kata Wahyu, layanan penukaran uang Rupiah pada periode Ramadan/Idul Fitri tahun 2021 dilakukan melalui kantor bank-bank yang tersebar di seluruh Provinsi Sumbar, dengan jumlah titik penukaran sebanyak 152 jaringan kantor bank umum dan 50 Bank Perkreditan Rakyat.

“Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan untuk mengurangi kepadatan penukar selama masa pandemi Covid-19 dan upaya perluasan layanan penukaran yang lebih dekat ke masyarakat di seluruh wilayah sumatera Barat,” jelas Wahyu.

Untuk waktu penukarannya kata Wahyu, masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021. 

Sementara itu, Bank Indonesia Sumatera Barat juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 Tahun RI) melalui penukaran di kantor BI dan jaringan kantor bank lainnya.

UPK 75 RI

“UPK 75 RI tidak hanya disimpan sebagai koleksi. Namun juga merupakan alat pembayaran yang sah untuk saat berbelanja, media pengenalan budaya, berbagi di Hari Raya Idul Fitri sebagai THR, dan mahar saat pernikahan, sepanjang tidak merusak fisik uang,” kata dia.

Untuk mendapatkannya jelas Wahyu lagi, Masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR (https://pintar.bi.go.id), menggunakan 1 KTP untuk menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun RI setiap harinya dan dapat diulang pada hari berikutnya. 

(don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password