Seekor Buaya Besar Muncul di Pinggiran Sungai Tiku Agam

Sumber: istimewa

Covesia.com – Seekor buaya berukuran besar muncul di sebuah sungai di Somel, Jorong Ujung Labung, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumbar

Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Mutiara Weri Ikhwan membenarkan hal ini. Ia mengatakan, buaya itu terlihat oleh warga di pinggiran sungai dan dalam bulan ini sudah terlihat dua kali.

“Kemarin pagi ada warga yang melaporkan melihat buaya yang berukuran cukup besar, sebelumnya juga ada laporan yang sama, di lokasi setempat,” ujarnya, Selasa (4/5/2021).

Dijelaskan Weri Ikhwan, Kemunculan reptil buas tersebut tidak jauh dari jalan raya dan pemukiman warga. Hal itu cukup membuat takut masyarakat yang tinggal dekat lokasi buaya.

“Kita sudah menghimbau warga untuk berhati-hati, jika melihat ada buaya segera melapor ke pemerintah nagari atau kecamatan serta jangan mengganggu buaya,” katanya.

Terkait penemuan hewan tersebut Pemerintah Kecamatan Tanjung Mutiara sudah melaporkannya kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam guna penanganan lebih lanjut.

“Dari keterangan BKSDA, lokasi kemunculan buaya tersebut merupakan habitatnya, diharapkan tidak mengganggu. Guna mengantisipasi adanya konflik satwa dengan manusia, kita akan memasang spanduk himbauan untuk tidak mendekati lokasi,” tutupnya.

(jhn)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password