Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 1442 Hijriah Sore Ini

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Covesia.com – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri, Selasa (11/5/2021). Sidang akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan karena masih pandemi, sidang isbat digelar secara terbatas (daring dan luring).

“Kemenag hari ini, Selasa (11/5/2021) akan gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H/2021 M,” ujar Kamaruddin, Selasa (11/5/2021).

Berdasarkan jadwal, sidang akan dimulai dengan mendengarkan seminar posisi hilal penentu 1 Syawal 144 Hijriah oleh Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB. Kemudian sidang awal Isbat akan dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pukul 18.00 WIB setelah Salat Maghrib.

Adapun sidang hanya diikuti undangan dan bersifat tertutup. Selanjutnya pada pukul 19.15 dilanjutkan telekonferensi Pers Pengumuman Hasil Sidang Isbat awal Syawal 1442 H.

Kamaruddin menuturkan panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting), baik untuk peserta sidang maupun media. Sebab, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

“Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI,” kata Kamaruddin.

“Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming,” sambungnya.

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia.

Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat. (Suara)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password