Ribuan Warga Terdampak Banjir di Pessel, Beberapa Rumah dan Fasilitas Umum Rusak Parah

Covesia.com – Banjir yang melanda 4 nagari di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Ranhul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyebabkan tiga rumah warga dan beberapa fasilitas umum hanyut dan ruska parah. 

Seperti diketahui, banjir yang merendam 4 nagari di kecamatan Ranhul Tapan tersebut, pertama terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa (11/5/2021),  setelah hujan deras yang mengguyur wilayah Tapan.

Daerah yang terendam banjir itu diantaranya, Nagari Binjai Tapan,  Kampung Tengah Tapan, Talang Balirik dan Limau Purut. 

“Ya, dampak banjir yang terjadi, dilaporkan ada tiga unit rumah warga hanyut terbawa arus banjir, “sebut Kepala BPBD Herman Budiarto melalui Kasi Kedaruratan Husnul Karim pada Covesia.com Rabu (12/5/2021). 

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil laporan yang telah diterimanya, total rumah warga hanyut ada sebanyak tiga unit. Dua diantaranya, dilaporkan dari nagari Talang Balirik, dan satu di nagari Limau Purut. 

“Selain hanyut, akibat benjir juga terdapat satu unit rumah rusak berat di 

Talang Balirik. Sedangkan, di nagari Limau Purut, dilaporkan ada dua unit rumah mengalami rusak berat, “kata Husnul Karim. 

Kemudian, tambahnya, sementara untuk kerusakkan di nagari Binjai Tapan, dan nagari Kampung Tengah Tapan. Pihaknya belum menerima laporan kerusakan di dua nagari itu. 

“Kalau untuk di Kampung Tengah Tapan, dan Binjai Tapan kondisinya tidak terlalu parah, yang paling parah itu di Nagari Binjai Tapan, dan Kampung Tengah Tapan, ‘ujarnya.

Terpisah, Camat Ranhul Tapan, Alamsyah mengatakan, selain beberapa rumah warga yang hanyut dan rusak parah, beberapa fasilitas umum juga rusak akibat banjir. 

“Beberapa fasilitas umum juga rusak parah seperti, Poskesri, sekolah, Poskamling dan ada beberapa bagi. Untuk korban jika sejuah ini belum dapat laporannya. Sementara, untuk warga yang terendam ada 1024 (Kepala Keluarga) KK,” ujarnya.

(ind)

0 Comments

Leave a Comment

ten + thirteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password