Guru SMA PGRI 1 Padang Dikurung Terkait Sengketa Lahan, Ombudsman Minta Dinas Pendidikan Turun Tangan

Guru SMA PGRI 1 Padang Dikurung Terkait Sengketa Lahan Ombudsman Minta Dinas Pendidikan Turun Tangan

Covesia.com - Belasan guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) PGRI 1 Padang dikurung oleh oknum, buntut dari tidak terima dengan hasil putusan pengadilan perihal kepemilikan dan pengelolaan lahan sekolah. Menanggapi hal tersebut Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani menilai pentingnya peran Dinas Pendidikan untuk segera turun tangan.

"Menindaklanjuti hal ini, perlu kiranya kita mendorong agar Dinas Pendidikan Kota segera mendalami serta menyelesaikan apa yang jadi pokok masalah," ungkap Yefri kepada Covesia.com, Kamis (14/10/2021).

Dia juga menilai, tak selayaknya guru menjadi korban dari peristiwa pengurungan tersebut. Apalagi alasan pengurungan karena perihal sengketa dengan yayasan.

"Tentu kita berharap semua permasalahan dapat segera diselesaikan di internal dan dinas terkait," ujarnya.

Diketahui belasan guru dan tenaga pengajar Yang dikurung ini terjadi pada Rabu (13/10/2021) sore hingga malam.

Wakil Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Bidang Kesiswaan, Nofrini menyebutkan hal tersebut terjadi ketika pelajar telah pulang, pihak sengketa datang dan langsung menggembok pagar dan membawa sejumlah preman.

Nofrini menambahkan preman tersebut adalah "bodyguard" oknum yang bersengketa itu. Belasan guru itu kemudian baru bisa keluar dari sekolah setelah dikawal oleh pihak kepolisian dari Polresta Padang.

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga