Satgas Covid-19: 4 Varian Covid-19 Sudah Ada di Indonesia

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. Sumber: youtube.com/BNPB

Covesia.com – Di Indonesia sampai saat ini, sudah ditemukan empat varian virus Covid-19. Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, keempat varian tersebut dua varian berasal dari Inggris, satu dari India dan satu lagi dari Afrika Selatan.

Empat varian tersebut adalah B.1.1.7 dan B1525 asal Inggris, B.1.351 asal Afrika Selatan serta B.1.617 asal India.

Dalam jumpa pers virtual, Jumat (28/5/2021), Wiku merincikan, untuk varian of concern yang terdeteksi adalah jenis varian B117 sebanyak 16 kasus. Selanjutnya, B1617 sebanyak 27 kasus, B1351 sebanyak 2 kasus dan B1525 sebanyak 1 kasus.

Dia menjelaskan, keempat varian ini dilabeli Varian of Concern (VoC) atau mutasi yang disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dapat mempengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas, namun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk pembuktiannya.

Kementerian Kesehatan menemukan keempat varian tersebut setelah melakukan pemeriksaan mutasi melalui Whole Genome Sequencing terhadap 1.744 sampel. “Sudah ada sebanyak 1.744 Whole Genome Sequencing yang dikumpulkan ke bank data GISAID, dimana 1.711 sudah selesai dilakukan (sequencing),” katanya.

Wiku meminta masyarakat untuk tidak panik. Dia menyebutkan, keempat varian tersebut dapat ditangkal dengan penularannya melalui protokol kesehatan 3M; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Seharusnya fokus kita saat ini adalah upaya optimal dalam mencegah penularan di masyarakat, bukan hanya fokus terhadap jumlah varian yang sudah ada,” sebutnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password