6 Anggota DPRD Sumbar Laporkan Kasus Dana Covid-19 Sumbar ke KPK, Gubernur: Kita Dukung

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah

Covesia.com – Beberapa waktu lalu, enam anggota DPRD Sumatera Barat mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna melaporkan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan barang untuk penanganan Covid-19 tahun 2020 di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar. BPK Perwakilan Sumatera Barat mengatakan ada dua temuan dan terindikasi penyimpangna dana Covid-19, setelah melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) senilai Rp7,63 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa pihaknya mendukung pelaksanaan taat hukum.

“Kita taat hukum, tak perlu kita halang-halangi yang melaporkan. Proses hukum sedang berjalan, maksudnya itu ada yang melapor, silakan saja, itu hak mereka,” ungkap Mahyeldi saat ditemui Covesia.com di auditorium Gubernur, Senin (31/5/2021).

Mahyeldi juga mengatakan bahwa kasus tersebut sudah dikaji oleh inspektorat.

Baca juga: BPK Sumbar: Ada Dua Indikasi Penyimpangan Dana Covid-19, Rp4,9 dan Rp49 Miliar

Sebelumnya diberitakan, enam anggota DPRD Sumbar fokus kepada dugaan penyelewengan dana Covid-19 senilai Rp7,63 miliar yang merupakan kegiatan pengadaan barang sesuai hasil pemeriksaan BPK atas LKPD tahun 2020 di BPBD Sumbar.

Sementara, kasus perkara temuan LHP awal sebesar Rp4,9 miliar sampai saat ini dalam penanganan Polda Sumbar.

“Untuk perkara temuan LHP awal sebesar Rp4,9 miliar yang sedang ditangani Polda Sumbar, tentu kami sangat menghormati prosesnya yang sedang berlangsung. Yang kami minta ke KPK adalah pengusutan temuan yang Rp7,6 miliar lebih ini,” ungkap Hidayat salah satu anggota DPRD Sumbar Fraksi Gerindra.

Dalam pengaduan tersebut, mereka menyerahkan sejumlah dokumen, termasuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Atas Kepatuhan Penanganan COVID-19 tahun 2020 dan LHP BPK Terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

(ila/rdk)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password