- Advertisement -
BerandaArchipellagoKonversi Bank Nagari ke Syariah Dinilai Bakal Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sumbar

Konversi Bank Nagari ke Syariah Dinilai Bakal Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sumbar

- Advertisement -

Covesia.com – Pakar Ekonomi Universitas Andalas, Syafrudin Karimi menilai koversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian Sumbar.

“Kehadiran Bank Nagari Syariah akan memberi dampak positif untuk percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Sumbar. Faktanya Sumbar masih memiliki inklusi keuangan yang masih rendah,” ungkap Syafrudin saat dihubungi Covesia.com, Senin (21/6/2021).

Syafrudin mengatakan, angka 500 ribu usaha yang belum menerima kredit dari lembaga keuangan adalah “singa tidur” yang belum dibangunkan.

Di antaranya, sekitar 200 ribu diduga tidak memiliki akses keuangan formal secara sukarela dengan keyakinan bahwa bank masih dekat dengan riba.

“Dengan konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah, kedua kelompok tersebut mesti menjadi target peningkatan inklusi keuangan. Ini prospek hebat buat Bank Nagari Syariah sebagai pilar utama kekuatan ekonomi Sumbar. Karena itu Sumbar mesti segera mengambil momentum konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Syafrudin, lebih dari setengah juta pengusaha di Sumbar “unbankable.” Sekitar 200 ribu pelaku usaha diduga “unbankable” berkaitan dengan keyakinan.

“Kehadiran Bank Nagari Syariah akan mampu menarik jumlah pelaku usaha “unbankable” ini, sehingga inklusi keuangan di Sumbar bisa meningkat, produktivitas membaik, dan pertumbuhan ekonomi makin inklusi,” katanya.

(ila/rdk)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -