- Advertisement -
HomeArchipellagoPPDB Sumbar Kembali Tak Bisa Diakses, Kadis Kominfo: Diganggu Hacker

PPDB Sumbar Kembali Tak Bisa Diakses, Kadis Kominfo: Diganggu Hacker

Covesia.com – Beragam kendala dialami oleh calon peserta didik baru untuk PPDB online kali ini. Seperti laman website error, kartu unduhan tak terisi, foto tidak muncul, nilai sudah lengkap tapi dinyatakan belum lengkap, Login error dan sebagainya.

Salah satunya dari calon peserta didik yang memiliki akun Instagram @mhdrafly._ yang menyampaikan keluhannya di kolom komentar Instagram @kominfosumbar

“Pak, kenapa download kartu pesertanya belum bisa? Dari kemarin masih eror, Pak. Mohon pencerahannya, terima kasih, Pak,” tulisnya Selasa (22/6/2021).

Menanggapi beragam permasalahan tersebut, Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal memberikan komentarnya.

“Laman PPDB Sumbar tidak error tapi diganggu oleh hacker. Kemudian juga karena sinyal yang kurang bagus di tempat pendaftar serta pendaftar salah input data. Jadi, ini bukan salah sistem,” ungkap Jasman saat dihubungi Covesia.com, Selasa (22/6/2021).

Meskipun demikian, kata Jasman, pendaftar
jangan hawatir, sebab Website bukanya sampai tanggal 26 Juni mendatang.

Dirinya juga menyarankan untuk pendaftar mencari tempat yang sinyalnya bagus, isi data dengan hati-hati, sebab jika sudah diklik tidak bisa dirubah lagi.

“Kemarin Pak Gubernur juga sudah mengimbau agar calon peserta didik untuk sangat hati-hati dan teliti dalam menginput data. Jangan asal coba-coba dan akhirnya akan berdampak pada pendaftar, nanti kalau data tidak sesuai bisa jadi tidak lulus,” jelasnya.

Jasman mengatakan kemarin ada yang coba-coba memasukkan NIK saja, lalu menutup laman Web karena mencari berkas yang lain, otomatis tidak bisa dibuka lagi.

Ada juga yang mau masuk jalur prestasi non akademik tapi tak sengaja yang terklik adalah jalur prestasi akademik otomatis dia gak bisa edit lagi dan akhirnya tidak bisa lulus juga.

“Kalau sudah menginput dengan hati-hati dan benar tak ada yang mesti diragukan lagi. Untuk malasah yang terjadi nantinya kita akan rapatkan dengan pimpinan dan akan kita carikan solusi,” tukasnya.

(ila)

- Advertisement -


- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 11 =