Harimau Yang Tertangkap Dekat Pemukiman Warga di Agam Diberi Nama Puti Maua

Harimau Yang Tertangkap Dekat Pemukiman Warga di Agam Diberi Nama Puti Maua Harimau Sumatera yang tertangkap di dekat pemukiman warga Agam Sumbar (Istimewa)

Covesia.com - Warga Maua Ilia, Jorong Kayu Pasak timur, Nagari Salareh Aia akhirnya bisa bernafas lega, pasalnya satwa jenis Harimau Sumatera  (panthera tigris sumatrae) yang berkeliaran di dekat pemukiman warga setempat berhasil ditangkap.

Walinagari Salareh Aia, Iron Maria Edi mengatakan, satwa dilindungi tersebut siang ini berhasil dievakuasi  oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Selasa (11/1/2022).

Sebelumnya hewan tersebut masuk perangkap Senin (10/1/2022) dan pertama kali diketahui oleh warga yang memberi makan kambing yang digunakan sebagai umpan.

"Alhamdulillah jam 10 WIB tadi Harimau Sumatera Ini sudah dibawa ke tempat rehabilitasi khusus Harimau di Dharmasraya untuk pemeriksaan kondisi," ujarnya.

Dijelaskan Walinagari dari hasil identifikasi petugas, diketahui satwa dilindungi Undang-undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekositemnya itu berjenis kelamin betina.

Dari hasil kesepakatan tokoh masyarakat setempat satwa tersebut  diberi nama Puti Maua. nama tersebut berasal dari bahasa Minangkabau dengan arti perempuan, karena harimau itu berkelamin betina. Sementara Maua merupakan lokasi ditangkapnya harimau tersebut.

"Sebelumnya akan diberi nama Puti maua Dirindu, namun arahan petugas hanya diberi nama 2 kata jadi kesepakatan bersama diberi saja nama Puti Maua," lanjutnya.

Dengan tertangkapanya satwa tersebut saat ini warga Maua Iaia sudah bisa tenang dan beraktifitas kembali di kebun. sebelumnya hewan ini dilaporkan menyerang ternak warga setempat. mengantisipasi konflik susulan petugas juga sudah melakukan pengusiran dengan menggunakan bunyi-bunyian namun laporan serangan masih dilaporkan terjadi. 

Kemudian pihaknya memasang 2 unit kandang jebak di lokasi satwa tersebut ditemukan pada Kamis (23/12/2021) dan baru membuahkan hasil pada Senin (10/11/2022).

(Jhn/adi)

Berita Terkait

Baca Juga