Megawati Sebut Sumbar Berubah, Ini Kata Jubir Gubernur Sumbar

Megawati Sebut Sumbar Berubah Ini Kata Jubir Gubernur Sumbar Kepala Dinas Kominfo Prov Sumbar Jasman Rizal

Covesia.com - Ketua Partai PDIP Megawati Soekarno Putri kembali menyebut nama Sumatera Barat. Kali ini dalam pidatonya saat memperingati HUT ke-49 PDIP, Senin (10/1/2022). "Bukankah sudah tidak adakah yang namanya tradisi bermusyawarah mufakat oleh ninik mamak itu," ucap Megawati. 

Menanggapi hal itu, Jubir Gubernur Sumbar sekaligus Kepala Dinas Kominfo Prov Sumbar Jasman Rizal mengatakan, pendapat Megawati sah-sah saja. 

"Saya melihat realitanya di Sumbar tidak seperti itu. Kita di Sumbar bebas berpendapat selama ini. Kita tidak ingin berpolemik tentang hal itu,” ungkap Jasman, Selasa (11/1/2022). 

Jasman juga mengatakan bahwa pendapat itu pendapat pribadi Megawati. Pendapat tersebut juga bisa menjadi masukan bagi Sumbar dan instropeksi diri.

Tak hanya itu, sekaitan beberapa waktu lalu, Megawati menyebutkan bahwa Sumbar tak punya tokoh populer seperti masa sebelum dan awal kemerdekaan Jasman turut mengomentari hal tersebut. 

"Selain masyarakatnya bebas berpendapat, di Sumbar juga bukan berarti tidak ada yang tokoh populer. Tokoh Sumbar yang paling populer itu menyesuaikan kebesarannya dengan zamannya. Apakah diukur di bidang politik dan pemerintahan atau apa ketokohan itu," ulasnya.

Kemudian, katanya, orang Sumbar itu paling fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan zaman. Bahkan menurutnya, anak muda Sumbar sekarang sudah "hebat-hebat" bahkan merambah ke internasional. 

"Jadi, pendapat terkait Sumbar, lebih kepada titik pandang kita bagaimana," imbuhnya. 

Dia menambahkan, Sumbar itu menyesuaikan dengan zaman, kalau dulu zaman kemerdekaan yang dibutuhkan adalah tokoh-tokoh politik, orang Sumbar eksis di situ.

Tapi sekarang ini, lebih ke kaum milenial, yang berbasis starup dan segala macam, justru anak muda Sumbar hebat-hebat di bidang ini. 

Bahkan, di 2015 Sumbar membentuk komunitas "Minangpride" anak muda yang bangga dengan Minang. Ada Faldo Maldini, juga ada anak muda lainnya yang ahli di berbagai bidang. 

"Jika dipandang tokoh politik, juga banyak seperti Syafii Maarif sebagai tokoh nasional. Dengan zaman yang berbeda tentu berbeda akan muncul tokoh yang sesuai dengan zamannya. Cuma, kadang titik pandang kita, apakah tokoh dinilai ke arah mana, ke pemerintahankah? Ini yang harus kita luruskan," sebutnya.

Sejumlah nama juga sempat disebut Jasman seperti Ferry Unardy pendiri situs Traveloka.com, Alfatih Timur pendiri situs kitabisa.com, Iman Usman pendiri ruangguru.com, Faldo Maldini pendiri pulangkampung.com dari penulis Boy Candra dan masih banyak yang lainnya. 

"Semuanya anak muda asal Minang," pungkasnya. 

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga