Menkes Sebut Vaksin Booster Diprioritaskan untuk Kelompok Rentan dan Lansia

Menkes Sebut Vaksin Booster Diprioritaskan untuk Kelompok Rentan dan Lansia Tangkapan Layar Youtube Kemenkes

Covesia.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan program vaksin booster ini akan diberikan kepada masyarakat dengan usia di atas 18 tahun.

Yang mana Pemerintah Indonesia akan memulai vaksinasi booster (lanjutan dosis ketiga) Covid-19 pada 12 Januari 2022.

Saat konferensi pers secara virtual pada Selasa (11/1/2022), Menkes Budi mengatakan bahwa prioritas pada program ini akan diberikan kepada lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan atau Immunocompromised.

“Program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali suntik minimal enam bulan yang lalu,” kata Menkes Budi, seperti dilansir dari laman InfoPublik.id, Rabu (12/1/2022).

Ia juga mengatakan vaksin booster ini penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat dari ancaman Covid-19 dan termasuk varian-varian barunya.

Vaksinasi booster Covid-19 ini akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit milik pemerintah daerah.

Lebih lanjut Menkes Budi menjelaskan bahwa vaksin booster gratis ini pihaknya juga tetap mempertahankan mekanisme Gotong royong yang selama ini berjalan.

“Dengan kondisi bahwa vaksin ini tetap diterima gratis di masyarakat yang disuntik dan jenis vaksinnya berbeda dengan vaksin program pemerintah,” kata Menkes Budi.

Ia berharap dengan program vaksim booster Covid-19 ini bisa membuat Indonesia lebih sehat dan kuat dalam menghadapi gelombang-gelombang Covid-19 berikutnya.

(*)

Berita Terkait

Baca Juga