Alasan Pelatih Australia Turunkan Skuad Terbaik Menghadapi Timnas Putri Indonesia

Alasan Pelatih Australia Turunkan Skuad Terbaik Menghadapi Timnas Putri Indonesia Sumber: @ PSSI

Covesia.com - Timnas Putri Indonesia tak berkutik kala menghadapi kekuatan penuh Timnas Putri Australia dengan skor telak 18-0. Pelatih tim nasional putri Australia, Tony Gustavsson mengatakan salah satu tujuan menurunkan skuad terbaik kontra Indonesia adalah untuk menghormati lawan.

Timnas Australia menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday pertama Grup B Piala Asia Wanita 2022,Jumat (21/1/2022) sore WIB. Hasilnya, mereka membantai Garuda Pertiwi 18 gol tanpa balas.

"Kami menaruh hormat pada Indonesia. Selain itu, kami juga mesti menghormati nilai dan standar kami sendiri," ujar Gustavsson dalam konferensi daring pers pasca laga, mangutip Antara.

Dalam pertandingan di Mumbai Football Arena, India, Australia yang berperingkat 11 dunia alias unggul 83 posisi dari Indonesia, memainkan kekuatan penuh.

Nama-nama andalan diturunkan sejak awal laga termasuk bintang klub Liga Inggris, Chelsea, Samantha Kerr yang baru dinobatkan sebagai pemain terbaik kedua dunia FIFA tahun 2021.

Selain Samantha, sosok-sosok yang bermain di klub-klub ternama Eropa seperti Caitlin Foord (berkarier di Arsenal), Stephanie Catlie (Arsenal), Alanna Kennedy (Manchester City), Hayley Raso (Manchester City) dan Ellie Carpenter (Olympique Lyonnais) juga masuk dalam daftar sebelas pertama.

Sementara di kubu Indonesia, lebih dari 80 persen pemain tak memiliki klub. Skuad berjuluk Garuda Pertiwi pun datang dari negara yang dua tahun tak memiliki liga sepak bola putri lantaran pandemi COVID-19.

Hasilnya, Indonesia "dibantai" dengan skor 18-0. Itu menjadi kekalahan terbesar timnas putri Indonesia sepanjang sejarah. Bagi Australia, itu merupakan kemenangan terbesar mereka di Piala Asia Putri.

"Saya kagum kepada para pemain yang menunjukkan profesionalisme mereka sepanjang pertandingan," tutur Gustavsson.

"Laga perdana ini penting untuk kami. Kami memang harus memulai turnamen ini dengan baik. Saya rasa kami sudah mengirimkan sebuah pesan kepada kami sendiri dan lawan-lawan kami di turnamen ini," katanya.

Berita Terkait

Baca Juga