Warga Agam Serahkan 2 Ekor Bayi Burung Langka Ke Resor KSDA

Warga Agam Serahkan 2 Ekor Bayi Burung Langka Ke Resor KSDA
Covesia.com - Warga Sawah Taruko, Jorong Sago, Nagari Manggopoh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyerahkan dua ekor anak burung rangkong kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris) ke Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA), Senin (24/1/2022) malam.

Kepala Resor KSDA Agam, Ade Putra mengatakan, satwa langka yang masih bayi tersebut ditemukan Feri Angriawan (22) di lokasi lahan perkebunan kelapa sawit milik Plasma Tiku Lima Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara pada hari Kamis (20/1/2022) dalam sebuah lobang kayu yang telah tumbang.

"Melihat ada 2 ekor anak burung Feri ini langsung membawa pulang dan memberitahukan kakak iparnya Riki Rikardo (35) untuk dirawat," ujarnya.

Melihat burung yang tidak biasa Riki kemudian mencaritahu di Google dan diketahui satwa tersebut merupakan burung Rangkong Kangkareng Perut Putih termasuk jenis satwa dilindungi. "Kemudian warga ini langsung menghubungi Resor KSDA Agam untuk diserahkan," katanya lagi.

Hasil Observasi diketahui anak burung itu jenis Rangkong kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris) berusia sekitar dua minggu. Selanjutnya satwa dibawa ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk dilakukan perawatan selanjutnya.

Dikatakan Ade Putra, Burung Rangkong kangkareng Perut Putih (Anthracoceros albirostris) termasuk dalam daftar jenis satwa dilindungi di Indonesia satwa ini memiliki persebaran yang luas meliputi India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Myanmar, Cina, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Indonesia tersebar di Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Habitat Kangkareng Perut Putih terdiri dari hutan primer yang masih terjaga ekosistemnya dan hutan sekunder yang ditebang secara selektif. Mereka juga mendiami hutan-hutan yang berada di tepi pantai.

(Jhn)

Berita Terkait

Baca Juga