LBH Pers: Kasus Terhadap Jurnalis di Sumbar Sepanjang 2021, Penghalangan hingga Ancaman

LBH Pers Kasus Terhadap Jurnalis di Sumbar Sepanjang 2021 Penghalangan hingga Ancaman Ilustrasi - pixabay

Covesia.com - Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pers Padang, Aulia Rizal mengatakan ada beberapa kasus yang terjadi pada jurnalis di Sumatera Barat. Mulai dari penghalangan kegiatan jurnalis sampai pengancaman. 

"Isu kebebasan pers yang ditemukan, antaranya penghalang-halangan jurnalis DI Padang, penghinaan terhadap profesi jurnalis, disomasi karena karya jurnalistik di Tanah Datar, dan pengancaman karena pemberitaan di Pessel," ungkap Aulia saat menyampaikan laporan catatan tahunan via Zoom, Rabu (26/1/2022). 

Selain membahas hal itu, Aulia juga menjelaskan terkait kondisi ekosistem, kebebasan pers di Sumbar, kebebasan berekspresi, dan keterbukaan informasi di Sumbar. "Kondisi ekosistem pers di Sumbar ada penghalangan, upah, seksual, gender, merendahkan profesi, somasi dan tidak profesional," imbuhnya. 

Kemudian Aulia memaparkan terkait kondisi ekosistem pers di Sumbar isu kebebasan pers, kesejahteraan atau ketenagakerjaan, profesionalisme, isu gender di ruang lingkungan pers. 

Dia menyebutkan bahwa kasus pers memang tidak masif, namun memiliki corak beragam. 

"Kondisi tersebut bukan tidak mengandung masalah, bahkan berpotensi mengandung kekerasan yang belum terindentifikasi. Artinya kasus pers di Sumbar berupa gunung es," pungkasnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga