Wagub: COVID-19 Varian Delta Sudah Menyebar di Sumbar, Masyarakat Harap Waspada

0
795
Wagub Sumbar Audy Joinaldy

Covesia.com – Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan bahwa virus COVID-19 varian Delta (asal India) sudah menyebar di provinsi itu. Dia menyatakan hal itu mengacu pada CT value atau cycle threshold value.

“Varian delta sudah masuk ke Sumbar. Itu dilihat dari data CT rendah. Varian delta lebih cepat menular. Severitas (tingkat keparahan) lebih tinggi dan meninggal mudah sekali. Ini harus kita waspadai,” ungkap Audy saat ditemui di Istana Gubernur, Sabtu (10/7/2021).

Dia mengatakan, CT value kasus COVID-19 di Sumbar pada November-Desember 2020 dengan CT value pada Januari 2021 dan sekarang (Juli 2021) terjadi pergeseran.

“CT value cenderung di bawah 10, kalau dulu di atas 10. Dari data, mereka bisa baca kalau dari pergeseran CT Value, varian delta sudah masuk,” jelasnya.

CT value adalah suatu nilai yang muncul dalam pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). CT value PCR berfungsi untuk membantu menentukan status apakah seseorang positif atau negatif terkait infeksi virus Corona.

Cycle Threshold (CT) Value merupakan banyaknya amplifikasi yang dilakukan untuk mendeteksi material genetik virus dalam pemeriksaan reverse-transcriptase PCR (realtime RT-PCR). Makin tinggi CT Value, berarti material virusnya lebih sedikit.

(ila/rdk)