Tanggapan Ketua GP Ansor Sumbar Terkait Penolakan Aliansi Umat Islam Minangkabau

Tanggapan Ketua GP Ansor Sumbar Terkait Penolakan Aliansi Umat Islam Minangkabau (Dok: Covesia)

Covesia.com- Massa Aliansi Umat Islam Minangkabau turun ke jalan mengencam Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (4/3/2022), seakitan analogi yang menghubungkan azan dengan gonggongan anjing. Aksi massa tersebut dilakukan dengan longmarch di jalan Sudirman atau lapangan kantin Bukittinggi hingga depan kantor DPRD Bukittinggi.

Tak hanya itu, dalam selebaran yang beredar Aliansi Umat Islam Minangkabau tersebut juga menolak keberadaan Gerakan Pemuda Ansor di Sumatra Barat.

Menangapi hal itu, Ketua GP  Ansor Sumbar Rahmat Tuangku Sulaiman menyatakan bahwa  masyarakat yang menolak itu adalah kelompok yang tidak senang dengan organisasi pemuda Nahdlatul Ulama tersebut 

"Tidak ada alasan menolak kita, kita adalah organisasi yang mempunyai legalitas hukum dari NU," tegas dia.

Lanjut dia, organisasi ini adalah organisasi mudanya NU yang mengamalkan ajaran kebaikan dan menyebarkan Islam sesuai ajaran islam. "Mereka yang menolak kita itu seharusnya dipertanyakan ," sebut dia.

Katanya, tuduhan yang mengatakan GP Ansor atau Banser di Ranah Minang  tidak sesuai dengan Asat Basandi Syara'-Syara' Basandi Kitabullah dan berbenturan dengan umat Islam penduduk asli Ranah Minang itu adalah hal yang salah.

"Justru organisasi kami sesuai  Adat Basandi Syara'-Syara' Basandi Kitabullah, saya saja orang Minang, tidak ada ajaran kami yang melenceng," tambahnya.

Sambungnya dia, ajaran di GP Ansor juga menjaga tradisi lama yang baik dan mengadopsi tradisi baru yang lebih baik. "Kita adalah orang beradat yang menjaga adat dan tradisi. Kami juga alumni tamatan pesantren," tutur dia saat dihubunggi Covesia.com, Jumat (4/3/2022).

Lanjut dia, keberadaan dan kehadiran GP Ansor adalah organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat. 

"Anak-anak muda yang ingin gabung jangan takut, kita adalah organisasi komitmen keislaman dan kebangsaan yang jelas," ajak dia.

Tambahnya, untuk menyakinkan masyarakat Sumatera Barat dia bersama anggotanya akan lebih meingkatkan sosialisai kepada masyarakat. 

"Kami akan tingkatkam sosialisasi pada Masyarakat Sumbar," pungkasnya.

Reporter: Lisa Septri Melina

Berita Terkait

Baca Juga