Pelajarilah Tafsir Alquran Berikut Agar Paham Makna dan Pesannya

Pelajarilah Tafsir Alquran Berikut Agar Paham Makna dan Pesannya Ilustrasi

Covesia.com - Umat Islam di seluruh dunia tentunya sudah tahu jika hidup yang dijalani harus berdasarkan kepada Al-Qur’an dan hadist. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang utama, yang setiap ayatnya mengajarkan dan menuntun umat manusia kepada kebaikan.

Di dalam Al-Qur’an berisikan banyak ajaran dan hukum-hukum Islam yang akan membimbing umat Islam agar selalu berbuat kebaikan serta berada di jalan yang benar sesuai perintah Allah swt.

NU online melansir bahwa membaca Al-Qur’an adalah salah satu ibadah yang paling utama diantara ibadah-ibadah yang lain.. Hal ini sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Alquran.” (HR Baihaqi).

Dengan begitu banyak keutamaan dalam ibadah membaca Al-Qur’an, maka umat muslim pun diharuskan untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai makhraj dan tajwidnya.

Namun, ada baiknya jika Al-Qur’an tidak hanya sekedar dibaca dan diterjemahkan artinya, melainkan juga dipahami makna tafsirnya. Dengan memahami makna dari setiap kalam Allah swt, maka perintah dan larangan Allah swt bisa dilaksanakan dengan maksimal.

Menafsirkan Al-Qur’an memang bukan hal mudah, apalagi bahasa Indonesia dengan bahasa Al-Qur’an sangat jauh berbeda. Meski demikian, sekarang untuk mempelajari tafsir Al-Qur’an jadi lebih mudah karena bisa melalui situs maupun aplikasi yang membahas tentang tafsir Al-Qur’an seperti di situs TafsirWeb.com.

Situs tersebut menyediakan beberapa tafsir antara lain dari Kementerian Agama RI, Kementerian Agama Saudi Arabia, tafsir al-Mukhtashar, yang disupervisi Imam Masjidil Haram Dr. Shalih Humaid, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah, dan lain sebagainya.

Beberapa tafsir Al-Qur’an yang direkomendasikan antara lain:

1. Surat Yasin Ayat 40. Surat Surat Yasin adalah jantungnya Al-Qur’an dan surat yang populer di Indonesia. Surat ini dibaca di banyak kegiatan, khususnya yang berkaitan dengan keagamaan. Bahkan banyak umat Islam yang mampu menghafal surat ini. Ada baiknya jika pemahaman tentang bacaan surat ini diikuti dengan pemahaman tafsir dari setiap ayatnya agar lebih sempurna.

2. Ayat Sajdah. Setiap ayat dalam Al-Qur’an mengajarkan dan mengajak kepada kebaikan, begitupun dengan ayat sajdah. Karenanya pahami tafsir ayat ini untuk menjadi muslim sejati dan selamat dunia dan akhirat.

3. Surah Al-Baqarah Ayat 284-286. Salah satu surat terpanjang dalam Al-Qur’an ini memiliki banyak keistimewaan. Surat ini membahas banyak tentang akidah dan prinsip hukum kehidupan manusia yang akan menjadi petunjuk kebenaran. Pahami tafsirnya agar pesan Allah swt dalam surat ini bisa dipahami dan diamalkan dengan baik dan benar.

4. Ayat Lima Belas. Al-Qur’an bukan hanya sebagai petunjuk, tetapi juga sebagai penawar berbagai masalah, terutama untuk menenangkan hati dan pikiran. Ayat-ayat ini sering dibaca oleh masyarakat Indonesia dan dipercaya memiliki khasiat. Terlepas benar atau tidak, membaca, menafsirkan, dan mengamalkan ayat-ayat Allah swt tentunya akan berpahala dan membawa kebaikan.

5. Surat Al-Maidah Ayat 32. Dalam Al-Qur’an, salah satunya pada surat ini tertulis jelas aturan Allah swt terhadap mana yang hak dan batil. Pelajari tafsirnya agar pesan yang disampaikan bisa dilaksanakan dengan baik dan benar.

Begitu banyak keutamaan saat membaca Al-Qur’an, oleh karena itu hendaknya selalu menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan rutin. Pelajari juga tafsirnya agar paham akan makna dan pesan yang disampaikan sehingga akan lebih maksimal untuk diamalkan.

Luangkanlah waktu untuk belajar tafsir agar ibadah membaca Al-Qur’an semakin membawa kepada kebaikan dan diridhai Allah swt.

(ril)


Berita Terkait

Baca Juga