Berikut 9 Langkah Mencari Ide Bisnis Online

Berikut 9 Langkah Mencari Ide Bisnis Online Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Bisnis online merupakan kegiatan transaksi yang dilakukan secara digital. Meski terlihat mudah tetapi membuka bisnis online dapat dikatakan sulit, karena kamu harus memahami pengetahuan digital.

Jika kamu mau membuka usaha di dunia digital, tentu awalnya bingung ide bisnis online apa yang akan kamu jalani. Namun menemukan ide awal yang inspiratif memang agak sulit. Meski di internet banyak memberikan informasi apapun tentang bisnis online. 

Pada dasarnya internet muncul untuk memberikan kemudahan bagi umat manusia. Karena itu sebelum memulai bisnis online maka kamu harus melakukan riset pasar peluang bisnis apa yang bisa kamu lakukan melalui platform digital. Seperti menyasar niche yang lebih segmented atau menyasar segmen populasi khusus.

Seperti sebuah aplikasi Evermos, yang menjadi  implementasi sebuah ide jualan online di Evermos yang menyasar target pasar masyarakat muslim. Sehingga ketika kamu memiliki produk-produk yang Islami bisa berjualan pada platform marketplace tersebut.

Jika kamu tidak memiliki produk, maka aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menjadi reseller produk-produk yang ada di dalam aplikasi tersebut. Sehingga ide jualan online di Evermos bisa kamu lakukan dengan menjual kebutuhan kaum muslim, seperti kerudung, pakaian muslim, hingga makanan dan minuman yang telah terjamin dengan label halal.

Nah jika memiliki ide usaha yang unik, apalagi khusus ditujukan kepada kaum muslim, maka ide usaha rumahan Evermos sangat cocok untuk memasarkan produk muslim rumahan yang akan kamu bangun. 

Ide bisnis niche khusus menyasar kalangan terbatas. Namun, kompetitornya lebih sedikit, sehingga bisnis kamu akan lebih berpeluang untuk unggul dan merebut hati konsumen.

Nah, bagi kamu yang masih belum menemukan ide, berikut simak langkah yang dapat membantu kamu menemukan ide bisnis yang tepat, khususnya bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis online:

1. Mulai dari Ide yang dimiliki

Jika selama ini kamu hanya menyimpan ide bisnis di dalam kepala, maka mulai sekarang kamu harus mulai menerjemahkan ke dalam sebuah perbuatan. Catat ide yang ada dalam pikiran kamu dan kemudian kamu melakukan riset kemungkinan apakah ide bisnis kamu dapat diimplementasikan.

Contohnya, kamu memiliki ide membuat produk minuman sehat, maka kamu harus memulai meraciknya dan membuat produk kamu tampil menarik. Temukan resep minuman sehat kamu sampai rasa yang diperoleh disukai oleh banyak orang. Karena itu kamu perlu membuat contoh produk untuk dibagikan.

2. Bisnis Offline di Sekitar Kamu

Bisa juga ide bisnis dapat kamu dapatkan dari produk yang umumnya dijual secara offline atau konvensional kamu jual secara online. Seperti durian, ketika produk tersebut dijual offline maka pembeli bisa memilih durian yang rasanya manis dan tentu memiliki kelemahan karena orang tersebut harus memilih dan membawa durian yang berat.

Nah agar kamu bisa berjualan online, maka kamu bisa menjual durian dalam bentuk dagingnya saja. Jadi kamu tidak menjual duren bersama kulitnya. Kamu cukup memasarkan daging durennya dalam takaran berapa gram. Pastinya kualitas durian yang kamu jual harus manis dan baik.

3. Publikasi 

Banyak media yang mempublikasi berbagai macam produk yang sedang trend. Sejumlah media atau lembaga terkadang mengulas tren konsumen online berdasarkan statistics dan informasi yang mereka dapatkan. Dalam publikasi yang dibagikan, kamu dapat memahami produk yang sedang populer dan yang sedang dijual oleh pebisnis lain. Kamu juga bisa menemukan jenis produk yang mungkin belum kamu ketahui.

4. Influencer digital

Jika kamu memulai bisnis online, tentunya kamu harus memahami bahwa calon pelanggan kamu berada atau berkumpul pada media sosial. Karena itu agar produk yang kamu jual dikenal maka kamu bisa menggunakan jasa influencer. Hal ini karena seorang influencer memiliki pengikut yang banyak.

Kerjasama antara perusahaan dengan influencer pun kini sudah tidak asing lagi. Bahkan saat ini banyak selebriti yang menjadi influencer untuk memasarkan sebuah produk. Meski terkadang harus membayar mahal namun hasil yang didapatkan juga akan sesuai. Seperti produk mulai banyak dikenal dan penjualan meningkat.

Nah produk yang diterangkan oleh influencer pun bisa menjadi ide bisnis online yang dapat kamu ambil, modifikasi, dan pasarkan.

5. Ulasan Produk di internet

Banyak cara untuk mendapatkan ide bisnis online salah satunya mengunjungi website atau platform yang khusus mereview berbagai macam produk. Dari berbagai macam produk yang diulas maka kamu bisa menentukan ide bisnis online apa yang akan kamu rintis.

Cari produk yang kamu minati, dari sana kamu akan mengetahui seberapa banyak orang yang menyukai produk yang akan kamu jual atau seberapa banyak orang yang tidak menyukai produk tersebut. Hal ini tentunya bertujuan agar kamu dapat membuat konten ulasan untuk menarik orang yang tidak suka menjadi suka.

6. Website E-commerce B2B

Jika kamu masih bingung, kamu bisa kok mengunjungi website e-commerce yang banyak di internet. Website tersebut bisa website dalam maupun luar negeri. Contohnya, Alibaba. Kamu akan mendapatkan ribuan macam produk potensial dari berbagai produsen. Kamu akan kaya dengan ide dan tinggal mempertimbangkannya.

Atau kamu bisa melihat aplikasi Evermos yang banyak menjual berbagai produk muslim. Dari sana mungkin kamu bisa menemukan produk apa yang cocok untuk masyarakat muslim.

7. Forum online

Ide bisnis online lainya juga bisa kamu dapatkan dengan rajin mengikuti sebuah forum, atau grup yang khusus membahas tentang bisnis atau suatu produk. Bergabung dengan komunitas seperti Quora dan Kaskus, supaya kamu dapat berinteraksi dengan ribuan member. 

Ini bisa jadi referensi tambahan dalam mencari ide bisnis, karena kamu dapat mencari tahu produk yang sedang dibahas atau dijual oleh para member. Selain itu mungkin kamu juga menemukan jaringan pemasok barang yang akan kamu jual, sehingga kamu mendapatkan harga yang miring.

8. Media Sosial

Selain forum komunitas kamu juga bisa menemukan ide bisnis online pada sebuah media sosial. Sekarang ini Facebook banyak membentuk grup sesuai dengan kesukaan. Nah dengan masuk ke dalam sebuah grup bisnis tentu kamu akan menemukan banyak penjual atau pengusaha. 

Dari menawarkan barang hingga menawarkan kerjasama. Kamu bisa memiliki produk apa yang kamu sukai, dan bisa melakukan kerjasama untuk mendapatkan barang tersebut. Pengalaman dari mereka bisa kamu jadikan acuan dalam memulai bisnis online.

Carilah ide bisnis di media sosial seperti Instagram, facebook, Twitter, Youtube, dan LinkedIn. Pada sejumlah media, kamu bisa mencarinya dengan cara mengklik hashtag yang berhubungan dengan nama produk dan istilah dalam bisnis. Atau, coba ikuti juga akun-akun khusus yang memposting dan membahas topik seputar dunia bisnis.

9. Testimoni Pelanggan online

Cara lain untuk mendapatkan ide bisnis online lainnya dengan mencoba berkunjung pada website jualan online yang banyak di internet. Nah umumnya kamu akan menemukan beberapa komentar atau testimoni dari para konsumen atau pelanggan secara jujur. Ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih produk yang tepat dan diminati.

Itulah beberapa langkah untuk menemukan ide bisnis jualan online yang dapat kamu lakukan. Tunggu apalagi, yuk kita mulai!

(*)

Berita Terkait

Baca Juga