5 Amalan dalam Menyambut Bulan Ramadhan Menurut UAS

5 Amalan dalam Menyambut Bulan Ramadhan Menurut UAS Istimewa

Covesia.com - Tidak lama lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan. Dapat dikatakan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah di mana semua orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. 

Amalan menjelang Ramadhan memiliki keutamaan yang besar bagi yang melaksanakan. Oleh sebab itu, kita sebaiknya mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Dilansir dari kanal youtube Tamansurga.net yang berjudul "5 amalan dalam menyambut bulan suci Ramadhan"  oleh Ust. Abdul Somad. Lc., MA, mengatakan bahwa terdapat 5 amalan menyambut bulan suci ramadhan. Lima amalan yang sebaiknya dilakukan yaitu :

1. Perbaiki Hubungan dengan Allah SWT

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh kesucian. Sebelum memasuki bulan ramadhan, sebaiknya kita memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dengan cara taubatan nasuha.

Kita harus berhenti dan meninggalkan perbuatan dosa yang telah dilakukan. Syarat untuk taubatan nasuha yaitu dengan melakukan mandi taubat. Selain itu memperbanyak istighfar kepada Allah SWT. 

2. Menyambung silaturrahim

Amalan yang dilakukan dalam menyambut bula Ramadhan yaitu menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia. Menyambung silaturrahim dan saling memaafkan perlu dilakukan agar puasa yang kita lakukan menjadi berkah. 

Selain itu, menyambung silaturrahim juga dapat mendatangkan rezeki serta panjang umur. 

3. Pelajari Ilmu Ramadhan

Sebelum memasuki ramadhan, ada baiknya untuk mempelajari kembali ilmu agama dan ilmu tentang keutamaan ramadhan. Ilmu sangat diutamakan sebelum berkata dan beramal.

Maka dari itu, memperdalam kembali ilmu agama tentang ramadan, penting dilakukan. Pada saat-saat ini kita perlu menyegarkan kembali pelajaran tentang fiqh ibadah pada bulan ramadan. Misalnya dengan fiqh puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya.

4. Alquran

Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Quran. Maka sebaiknya kita mempersiapkan kitab suci alquran.  Di bulan Ramadhan, membaca Alquran menjadi ladang pahala yang besar bagi umat muslim. 

5. Persiapkan Uang (Sedekah)

Salah satu yang harus disiapkan menjelang bulan suci Ramadhan adalah uang. Bersedekah di bulan Ramadhan dengan cara membagi kepada fakir miskin, anak yatim, panti jompo, dan orang tua.

(Pariyadi Saputra)

Berita Terkait

Baca Juga