- Advertisement -
HomeNewsKetua KPAI Sebut Perlindungan Anak di Indonesia Belum Sesuai Harapan

Ketua KPAI Sebut Perlindungan Anak di Indonesia Belum Sesuai Harapan

Covesia.com – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan saat ini indeks perlindungan anak di Indonesia belum sesuai harapan.

“Berdasarkan data BPS angkanya baru mencapai 63,67 persen sementara indeks perlindungan khusus 70,03 persen. Jika dirata-rata capaian Perlindungan Anak Indonesia baru mencapai 62,26 persen,” ungkapnya saat Anugrah Penghargaan KPAI secara virtual, Kamis (22/7/2021).

Susanto menyebutkan banyak tantangan dan hambatan serta kendala dalam upaya memberikan perlindungan anak di Indonesia. Maka dari itu KPAI terus melakukan banyak inovasi dalam melaksanakan tugas sesuai UU Nomor 35 tahun 2014.

“Salah satu inovasi itu adalah Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak berbasis digital sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan zaman,” jelasnya.

Dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan Perlindungan Anak agar semakin maksimal, KPAI setiap tahun rutin melakukan Anugerah KPI.

“Ini adalah bentuk penghargaan atas komitmen dan inovasi Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Organisasi Masyarakat serta individu yang telah memiliki kepedulian dan komitmen yang besar terhadap penyelenggaraan perlindungan anak,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yng berkesempatan hadir secara virtual menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPAI yang telah memilih Sumbar sebagai salah satu provinsi penerima penghargaan.

“Penghargaan yang diberikan itu akan menjadi pelecut untuk upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak di Sumbar ke depan,” ujarnya.

Tak hanya itu Audy menilai keberadaan KPAI di Sumbar selama ini telah memberikan kontribusi positif dalam upaya pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak di daerah itu. Karenanya, patut untuk diberikan apresiasi tinggi.

Selain Pemprov Sumbar, tiga kabupaten/kota juga mendapatkat penghargaan Anugrah KPAI 2021. Daerah itu masing-masing Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi dan Kota Pariaman mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten/kota terbaik penyelenggaraan SIMEP.

Audy berharap ke depan, Sumbar dengan dukungan KPAI bisa melaksanakan penyelenggaraan perlindungan anak secara optimal demi menuju Indonesia maju.

(lia)

- Advertisement -


- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait