RSUP Dr M Djamil Padang Disiapkan Jadi Rumah Sakit Rujukan Kasus Hepatitis Misterius

RSUP Dr M Djamil Padang Disiapkan Jadi Rumah Sakit Rujukan Kasus Hepatitis Misterius RSUP Dr M Djamil Padang

Covesia.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Barat (Sumbar) menyiapkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang sebagai rumah sakit rujukan kasus hepatitis misterius. Kadinkes Sumbar, Lila Yanwar mengatakan, rumah sakit tersebut disiapkan untuk menangani kasus hepatitis dengan gejala kriteria berat

"Untuk wilayah Sumbar, kita siapakan RSUP M.Djamil Padang sebagai rujukan dari rumah sakit kabupaten/kota dengan gejala kriteria hepatitis berat," ujar Lila saat jumpa pers di aula Dinkes Sumbar, Selasa (10/5/2022).

RSUP Dr M Djamil Padang dipilih sebagai rujukan hepatitis karena telah memiliki tenaga kesehatan dan peralatan yang lengkap. 

"Di sana ahli tenaga kesehatannya sudah ada, peralatan juga sudah lengkap," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan, Keperawatan RSUP M Djamil, Bestari mengatakan, pihaknya menyiapkan 2 ruang PICU, dan 8 ruang MICU dan 8 ruang isolasi.

"Kita sudah siapkan beberapa ruagan untuk menangani pasien kasus hepatitis misterius," ujar dia.

Sementara, seluruh dokter anak di Puskesmas mempunyai akses ke rumah sakit daerah terkait gejala hepatitis. "Kalau kasusnya berat segera rujuk ke RSUP M DJamil Padang. Klau ringan sampai pada rumah sakit kabupaten dan kota," sebutnya.  

Diberitakan sebelumnya, seorang anak berumur 1 bulan 29 hari, warga Kabupaten Solok meninggal dunia pada 2 Mei kemaren di Rumah Sakit Hermina Padang. Namun, Dinkes Sumbar menegaskan, belum ditemukan satupun kasus berkaitan dengan hepatitis misterius tersebut.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga