IDAI: Jangan Panik! Kenali Gejala Hepatitis pada Anak

IDAI Jangan Panik Kenali Gejala Hepatitis pada Anak Ilustrasi - /pixabay

Covesia.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) meminta masyarakat untuk mengenali serta mewaspadai gejala hepatitis yang terjadi pada anak. Orang tua diminta untuk tidak panik jika menemukan gejala seperti hepatitis.

"Penyebab yang diketahui sejak lama itu baru hepatitis A, B, C, serta D. Sedangkan untuk 'hepatitis unknown etiology' belum diketahui," katanya Ketua IDAI Sumbar dr. Finny Fitry Yani, pada koferensi pers di Aula Dinkes Sumbar, Selasa (10/5/2022). 

Dia menerangkan, hepatits itu adalah gangguan yang terjadi pada fungsi hati yang rusak. Hepatitis ini ada yang ringan, berat, bahkan "unknow etiology."

"Anknow etiologi itu jarang terjadi, tetapi jika terjadi itu sangat mendadak bahkan langsung meninggal. Hingga kini penyebab pastinya belum diketahui," ujarnya. 

Baca juga: Dinkes Tegaskan Kasus Hepatitis Misterius Belum Terdeteksi di Sumbar

Gejala umum yang terjadi pada anak yang menderita penyakit hepatits itu seperti diare, mual, serta muntah. "Kepada masyarakat kenali gejalanya, tetap waspada dan jangan panik," katanya.

"Jika ada anak dengan gejala serupa maka langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Jangan diabaikan," terang dia.

Selain itu, Finny juga mengimbau kepada masyarakat Sumbar untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat  (PHBS) pada keluarga.

"PHBS juga salah satu faktor pendorong untuk mencegah anak terjangkit hepatitis," ujar dia.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga