Lumat Timor Leste 4-1, Indonesia Raih Kemenangan Perdana di SEA Games 2021

Lumat Timor Leste 41 Indonesia Raih Kemenangan Perdana di SEA Games 2021 (Dok: PSSI)

Covesia.com - Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan perdananya di cabang sepakbola SEA Games 2021 Vietnam. Tim Garuda Muda menggasak Timor Leste 4-1 pada laga lanjutan Grup A di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/5/2022) malam WIB.

Meski menang telak, posisi Timnas Indonesia U-23 di peringkat keempat klasemen sementara Grup A tidak berubah. Timnas U-23 mengoleksi poin 3 dari dua laga.

Puncak klasemen sendiri ditempati Myanmar yang mengumpulkan 6 angka setelah pada laga sore tadi menundukkan Filipina dengan skor 3-2. Filipina berada di posisi kedua dengan 4 poin. Koleksi poin Filipina sama dengan Vietnam yang berada di peringkat ketiga.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga:Sepakbola SEA Games: Timnas Indonesia U-23 Unggul Tipis atas Timor Leste di Babak Pertama

Timnas Indonesia U-23 sempat mendapatkan perlawanan alot dari Timor Leste di awal-awal pertandingan. Laga baru berjalan dua menit, sebuah kecerobohan gelandang Timnas U-23, Marc Klok berbuah penalti bagi Timor Leste.

Beruntung, kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari tampil gemilang di awal dan bisa menyelamatkan sepakan 12 pas Mouzinho. Gawang Timnas U-23 masih aman.

Setelah itu, pressing ketat Timor Leste membuat Indonesia melakukan kesalahan fatal. Ernando Ari lagi-lagi menyelamatkan bola.

Menit ke-16, sebuah cutback sundulan Rizky Ridho dari sisi kiri ke mulut gawang Timor Leste mampu dituntaskan Egy Maulana untuk menjadi gol. Cocoran mudah Egy membawa Indonesia unggul 1-0 atas Timor Leste.

Ditempatkan sebagai penyerang tengah, Egy terlihat tampil cukup efektif. 

Baca Juga:Momen Berkelas Ernando Ari Tepis Tendangan Penalti Timor Leste di SEA Games 2021

Masuk ke pertengahan babak pertama, Irfan Jauhari sukses mengontrol bola. Bola diberikan ke Egy, lantas tembakan menyusur tanah gelandang serang FK Senica itu menyamping tipis ke sisi kiri gawang Timor Leste. Nyaris!

Indonesia dominan di hadapan Timor Leste. Namun, banyaknya peluang emas tim Garuda Muda tidak bisa dikonversi menjadi gol tambahan. Indonesia unggul 1-0 sampai babak pertama rampung.

Masuk babak kedua, skuad Garuda Muda langsung menggebrak pertahanan Timor Leste. Timnas U-23 pun nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-50, namun sundulan Witan Sulaeman terkena tiang kiri gawang.

Selang dua menit kemudian, Timnas U-23 akhirnya sukses menggandakan skor. Lemparan panjang direct Alfeandra Dewangga disambut sundulan Witan di kotak penalti, yang tak bisa diantisipasi kiper Timor Leste Junildo.

Indonesia memperbesar keunggulan ketika laga memasuki menit ke-59. Tandukan Irfan menyambut sepak pojok dapat dihalau Cristevao Augusto sebelum melewati garis gawang.

Bola muntah kemudian disambut sundulan bek senior Fachruddin Aryanto untuk menjebol gawang Timor Leste.

Meski tertinggal tiga gol, Timor Leste tetap memberikan perlawanan, dan berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-69.

Menerima umpan terobosan, Mauzinho menendang bola yang bisa ditepis Ernando. Namun bola kembali jatuh ke kaki Mauzinho yang kali ini tidak membuang kesempatan.

Pemain nomor 10 Timor Leste itu membayar tuntas kesalahannya di awal pertandingan yang gagal mencetak gol dari titik putih.

Pada menit ke-77, Timnas U-23 memperlebar keunggulan ketika Saddil Ramdani menusuk sisi kiri pertahanan lawan, dan melepaskan umpan tarik yang langsung disontek Witan. Skor 4-1 ini bertahan hingga pertandingan usai. (suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga