158.702 Wisatawan Berkunjung ke Limapuluh Kota Selama Libur Lebaran Idulfitri

158702 Wisatawan Berkunjung ke Limapuluh Kota Selama Libur Lebaran Idulfitri Wisatawan padati salah satu titik objek wisata di Lembah Harau pada saat libur Lebaran Idul Fitri 1443H

Covesia.com- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mencatat sebanyak 158.702 wisatawan kunjunggi objek wisata Limapuluh Kota Sumatera Barat selama libur lebaran Idul Fitri 1443H,  Lembah Harau peminat tertinggi. 

Kepala Disparpora Kabupaten Limapuluh Kota, Desri mengatakan dari penghitungan enam objek wisata di 50 kota mulai dari Selasa-Minggu (3-8/5/2020) Lembah Harau berada pada urutan tertinggi, sementara posisisi kedua ditempati oleh Kapalo Banda Taram.

"Dari158.702 wisatawan Harau menenempati posisi terbanyak, tembus 64.596 wisatawan. Sementara itu, urutan kedua mencapai 36,287 wisatawan, ditempati oleh Kapalo Banda Taram," jelasnya. 

"Posisi terbanyak ketiga objek wisata Batang Tabik, keempat Kayu Kelok Sikabu Kabu, kelima Rumah Gadang Sungai Beringin, serta yang keenam Kampuag Sarugo," tutur Desri saat dihubunggi, Selasa, (10/5/2022). 

Kata Desri, terkait kunjungan wisatawan ke Lembah Harau terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari dua tahun sebelumnya.

"Peningkatannya luar biasa, pemerintah memperbolehkan mudik lebaran adalah faktor utama banyaknya peminat pada objek wisata," lanjut dia. 

Sambunya, ke depanya objek wisata Lembah Harau akan terus dibenahi. "Kita lakukan pembenahan besar-besaran nantinya, akan diperbanyak juga titik wisata di lokasi," sebutnya.

"Nanti kita berencana akan membesar jalan menuju Lembah Harau untuk mengurai kemacetan," kata Desri.

Tambahnya, untuk wisatawan yang datang ke Lembah Harau didominasi dari luar Sumbar. "Wisatawan banyak dari pekanbaru, jambi, medan, serta palembang," tuturnya.

(lsm)


Berita Terkait

Baca Juga