Masa Jabatan Akan Berakhir, Mendagri Ungkap Kriteria Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan

Masa Jabatan Akan Berakhir Mendagri Ungkap Kriteria Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan Istimewa

Covesia.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan kriteria dan nama penjabat (pj) yang nantinya ditempatkan di DKI Jakarta menggantikan tugas Gubernur Anies Baswedan. Banyak yang bertanya-tanya siapa PJ Gubernur DKI Jakarta calon pengganti Anies Baswedan? 

Diketahui masa Jabatan Gubernur Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Oleh karena itu harus ada pengganti sementara untuk mengisi kekosongan kursi jabatan kepala daerah. Lantas, siapa Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan?

Siapa Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan?

Tito Karnavian menyebutkan nama-nama serta kriteria calon PJ Gubernur DKI Jakarta calon pengganti Anies Basbedan. Selanjutnya nama-nama itu akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan September mendatang. 

Nantinya ada sebanyak tiga nama yang akan diajukan untuk diajaring. Nama-nama tersebut akan melalui tahap seleksi hingga mendapatkan sosok yang tepat untuk menggantikan tugas Anies Baswedan. 

Jadi sebelum bulan Oktober nama yang ditunjuk serta sudah mendapat persetujuan dari Preaiden Joko Widodo bisa mempersiapkan diri. 

Sementara untuk kriteria PJ Gubernur DKI Jakarta Mendagri menyebutkan dia merupakan seseorang yang telah berpengalaman dalam hal kepemimpinan. Hal ini dimaksudkan agar perencanaan pembangunan serta tatanan pemerintahan di wilayah Jakarta berjalan dengan baik. 

"Dia harus seorang pejabat pimpinan tinggi madya, jadi dia eselon satu," ujar Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta pada Kamis (12/5/2022). 

Sementara itu, Tito mengungkapkan bahwa hingga saat ini pihaknya masih dalam tahap menerima masukan dari beberapa kalangan untuk kandidat calon PJ Gubernur Jakarta. Dalam proses ini Mendagri juga melakukan upaya profiling yang berguna untuk melihat apakah kandidat memiliki potensi terjerat kasus atau permaslahan tertentu. 

Selain Anies Baswedan, terdapat beberapa Gubernur di seluruh Indonesia yang akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2022 ini. Mereka anatara lain yaitu: 

1. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan 

2. Gubernur Banten Wahidin Halim 

3. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie 

4. Gubernur Sulawesi Barat Muhammad Ali Baal Masdar 

5. Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan 

6. Gubernur Aceh Nova Iriansyah 

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga