Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021 setelah Tundukkan Myanmar 3-1

Timnas Indonesia U23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021 setelah Tundukkan Myanmar 31 Pesepakbola Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri. Foto Antara/ Zabur Karuru

Covesia.com - Kemenangan 3-1 atas Myanmar pada laga matchday terakhir Grup A cabang sepakbola SEA Games di Vietnam, Minggu (15/5/2022) petang WIB, meloloskan Timnas ke semifinal. Sementara Myanmar harus tersingkir di penyisihan grup.

Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman tampil apik pada laga ini , dengan ketiganya mencatatkan nama di papan skor untuk Timnas Indonesia U-23.

Ketiga gol skuad Garuda Muda seluruhnya tercipta di babak pertama.

Sementara itu di babak kedua, Timnas U-23 tampak mengendurkan permainan dan sudah cukup puas dengan keunggulan 3-0.

Myanmar sendiri mampu memperkecil skor jadi 1-3 pada menit ke-67 lewat pemain nomor 10 andalan mereka, Win Naing Tun.

Di Stadion Viet Tri di Kota Phu Tho, Vietnam, Timnas Indonesia U-23 sudah unggul cepat 2-0 atas Myanmar di 10 menit pertama pertandingan.

Egy Maulana Vikri membuka keunggulan Indonesia pada menit keenam. Tendangan Irfan Jauhari diblok pemain belakang Myanmar, bola liar disambar Egy.

Tendangan Egy melenting mengecoh kiper Myanmar, Pyae Phyo Thu, sebelum masuk ke gawang dengan mulus. Indonesia unggul 1-0 atas Myanmar.

Indonesia menambah gol lagi pada menit ke-10. Ricky Kambuaya meliuk-liuk di kotak penalti Myanmar sebelum mengirim umpan backheel ke Witan Sulaeman.

Witan pun menyarangkan bola datar ke tiang jauh untuk membawa Indonesia unggul dua gol atas Myanmar.

Setelah tertinggal 0-2, Myanmar mulai bangkit dan kerap mengancam Indonesia. Myanmar bahkan sempat mencetak gol di pertengahan babak pertama, namun akhirnya dianulir wasit karena offside,

Indonesia baru menambah gol lagi pada injury time babak pertama. Meneruskan tendangan sudut, Marselino Ferdinan mengirim bola sapuan pemain belakang Myanmar dengan tendangan first time dari luar kotak penalti.

Tak lama kemudian wasit meniup peluit, skornya 3-0 saat turun minum.

Masuk babak kedua, Myanmar memperkecil skor menjadi 1-3 berkat gol yang dicetak oleh Win Naing Tun pada menit ke-67.

Pemain bernomor punggung 10 itu menerobos sisi kiri pertahanan Indonesia, melakukan cut-inside, sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang terdefleksi Rizky Ridho dan berbelok arah.

Kiper Indonesia Ernando Ari pun tak bisa meredam tendangan yang berbelok arah tersebut.

Setelah memperkecil skor, Myanmar semakin bersemangat. Namun, Indonesia juga beberapa kali melancarkan serangan untuk mendapatkan gol keempat mereka.

Di akhir-akhir laga, sebuah tendangan bebas jarak jauh Marc Klok hampir saja berbuah gol keempat Indonesia. Sayang, sepakan salah satu pemain senior di tim Garuda Muda itu hanya membentur mistar gawang Myanmar.

Setelah itu, kiper Ernando Ari membuat save gemilang yang menghentikan Myanmar menambah gol.

Win Naing Tun juga melakukan percobaan di saat-saat terakhir. Namun, tembakan salto spektakulernya hanya melambung di atas gawang Indonesia.

Baca Juga