Waspada Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan, Berikut Gejalanya

Waspada Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Berikut Gejalanya Ilustrasi
Covesia.com- Menjelang hari raya Idul Kurban 2022, wabah penyakit justru mneyerang hewan. Penyakit ini bernama Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau dikenal juga dengan sebutan Foot and Mouth Diatase (FMD).

Penyakit ini adalah penyakit sangat menular pada hewan berkuku belah atau genap, seperti pada sapi, kerbau, babi, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah maupun rusa. 

"Ini adalah penyakit menular antar hewan yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam genus Apthovierus keluarga Picornavirdae," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Drh Sovia Hariani. 

Lanjutnya, PMK juga merupakan penyakit mematikan pada hewan yang tidak memandang umur, namun angka kematin tinggi terjadi pada hewan yang masih muda. Umumnya terjadi pada hewan di bawah umur dua tahun dengan rentang inkubasinya 1-14 hari. 

"Gejalanya yang ditimbulkan yaitu melepuh pada kuku dan kukunya lepas, lepuh pada lidah, mulut, gusi serta keluar air liur secara berlebihan," katanya saat dihubunggi, Selasa, (17/5/2022). 

Tambahnya penyakit PMK menular melalui udara, atau kontak langsung sesama hewan. Apila ditemukan hewan yang sakit dengan gejala serupa PMK maka segera pisahkan. "Pisahkan hewan yang sakit, jika tidak memungkinkan untuk pulih, segera lakukan pemotongan," ujar dia. 

"Daging hewan yang terkana PMK masih aman dikonsumsi manusia, selagi daging terjangkit penyakit tersebut dibuang dan dimasak dengan matang," katanya.
(lsa)

Berita Terkait

Baca Juga