Nofrizon Kriitik Tim Percepatan Sumbar Madani: Hanya Memanfaatkan APBD, Bukan Datangkan Investor!

Nofrizon Kriitik Tim Percepatan Sumbar Madani Hanya Memanfaatkan APBD Bukan Datangkan Investor Nofrizon

Covesia.com - Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat Nofrizon menilai Tim Percepatan Sumbar Madani (TPSM) hanya memanfaatkan APBD, bukan mendatangkan uang dari APBN atau investor seperti tim percepatan di daerah lainnya di Indonesia

Menurutnya, Tim percepatan di daerah lain juga ada. Hasil kerjanya nampak. Di Sumbar, menurut Nofrizon, Gubernur Mahyeldi belum menempatkan orang yang pas untuk TPSM. Belum bersandar nasional.

"Tim percepatan di Sumsel misalnya membawa uang ke daerah, setiap rapat OPD dapat ilmu dan wawasan. Kalau di Sumbar kepala OPD lebih berkualitas dibanding TPSM," ungkap Nofrizon saat dihubungi Covesia.com, Selasa (17/5/2022).

Tak hanya itu, TPSM dilaporkan kepada DPRD diduga mengintervensi OPD dan memarahi kepala dinas.

"Anggota TPSM belum punya kualitas untuk pembangunan Sumbar, apa yang diperbuatnya di Sumbar tentang pariwisata. Misalnya Lawang park, tapi itu ada puncak lawang yang jauh lebih bagus. Lembah Harau, kecuali yang dibikin ikoon pariwisata Sumbar," ujarnya.

"Kami kritisi dari DPRD, gubernur belum menempatkan orang yang pas. Kalau sekadar kenal dengan orang pusat, banyak yang kenal, tapi dampaknya gimana," imbuhnya

Seharusnya, ujar Nofrizon, TPSM tempat berdiskusi untuk memberikan masukan, ini malah rapat dengan OPD, dia pula memimpin rapat.

"Apa investasi yang dibawa TPSM? Termasuk Gubernur, dari APBN juga terus menurun, kita kalah dari berbagai di provinsi. Kalah dari Jambi , Lampung. Kita tidak diperhitungkan di nasional," ujarnya.

Bahkan Sumbar disebut bukan bahan diskusi yang hangat.

"TPSM itu mohon maaf, mari sama-sama kita buktikan, mereka menunggu jabatan untuk penempatan mengambil posisi Komisaris perusahaan daerah. Itu yang saya lihat," tambahnya.

Mereka, menurut Nofrizon, menunggu belas kasih tim sukses, mereka menunggu itu saja. Bukan untuk  kemajuan Sumbar.

"Di sini saya lihat Wagub Audy Joinaldy tak bisa bekerja maksimal karena terganggu oleh TPSM, padahal Wagub bagus," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang anggota TPSM, Zuhrizul membantah tudingan tersebut. Menurutnya, sejauh ini TPSM ikut membantu OPD, salah satunya percepatan di bidang pariwisata.

Kadis Pariwisata sangat terbantu dengan kehadiran TPSM dan penggiat wisata dalam membuat serta mengimplementasikan program pariwisata di Sumbar.

"Saya tidak mau berkomentar banyak. Masyarakat bisa tau apa saja kinerja yang telah dilakukan TPSM. Saya tak mau kondisi gaduh dengan menanggapi hal demikian,"ungkapnya saat dihubungi Covesia.com Rabu (18/5/2022).

Menurutnya di masa ekonomi masyarakat sulit pascapandemi, harusnya fokus memikirkan solusi untuk masyarakat, tidak lagi menghabiskan energi untuk hal-hal yang tidak penting.
(ila)


Berita Terkait

Baca Juga