Supardi: Kehadiran Iluni UIN IB Padang dapat Membawa Perkembangan Islam di Sumbar

Supardi Kehadiran Iluni UIN IB Padang dapat Membawa Perkembangan Islam di Sumbar Ketua DPRD Sumbar Supardi, saat menghadiri pengukuhan PP Iluni UIN IB Padang periode 2021-2026 di Padang, Sabtu (21/5/2022).

Covesia.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) sebut kehadiran Iluni UIN IB dapat membawa perkembangan Islam di Sumbar. Hal tersebut disampaikan langsung Ketua DPRD Sumbar Supardi, saat menghadiri pengukuhan PP Iluni UIN IB Padang periode 2021-2026 di Padang, Sabtu (21/5/2022). 

"Semoga ketua terpilih Maneger Nasution bersama rekan-rekannya dapat membawa perkembangan Islam yang semakin pesat di Sumbar," sebutnya. 

Dalam kesempatan itu, Supardi juga mengatakan tidak mempercayai anggapan jika orang Minang dianggap memiliki tindak radikal yang mengarah ke terorisme.

"Saya tidak yakin orang Minang itu teroris, tidak ada pemberontakan di masyarakat Minang. Kita diajarkan untuk bersikap toleransi," sebutnya. 

Lanjut dia, terkait Setara Institute for Democracy and Peace memasukkan Kota Padang, Kota Padang Panjang, dan Pariaman sebagai kota dengan tingkat toleransi rendah di Sumbar, Iluni UIN IB harus mempunyai sikap kritis terhadap hal tersebut. 

"Mereka punya hak untuk mengatakan itu, dan kita punya hak untuk mengkritik hal tersebut, tidak terkecuali Iluni UIN IB Padang," sebutnya. 

Masyarakat Minang menurutnya adalah masyarakat toleran. Hal itu dapat dilihat dengan hadirnya kampung Cina di Padang, Bukittinggi, serta Payakumbuh. 

"Kehadiran mereka tumbuh di Sumbar, hal itu membuktikan keragaman pada masyarakat Minang tetap terjaga, kita harus bangga menjadi orang Minang," katanya. 

Dia melanjutkan, begitu juga dengan masyarakat Minang di luar Sumbar, mereka juga dihormati. "Pada prinsipnya orang Minang itu memegang prinsip 'di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," katanya.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga