BerandaHeadlineSumbar Masuk Provinsi Paling Tidak Patuh Prokes Covid-19

Sumbar Masuk Provinsi Paling Tidak Patuh Prokes Covid-19

- Advertisement -

Covesia.com – Angka Covid-19 di Sumatera Barat hingga saat ini masih terus bertambah setiap harinya. Namun, berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, masyarakat Sumbar termasuk paling tidak patuh menjalankan protokol kesehatan (prokes) khususnya memakai masker.

“Berdasarkan data kepatuhan warga dalam menggunakan masker dan menjaga jarak di lingkup desa dan kelurahan, ada 3 daerah paling tidak patuh, salah satunya Sumbar,” ungkap Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah dikutip dari kanal Youtube BNPB Indonesia, Kamis (5/8/2021).

Dewi melanjutkan selain Sumbar ada provinsi  Gorontalo, dan Maluku Utara yang juga tidak patuh menggunakan masker.

Sementara untuk jaga jarak, hampir sama tapi Maluku Utara naik jadi peringkat kedua, Sumatra Barat jadi peringkat ketiga,” ujarnya.

Dewi merincikan tiga provinsi dengan tingkat kepatuhan terendah memakai masker yakni
70,24 persen kelurahan dan desa di Gorontalo.

Kedua, 59 persen kelurahan dan desa di Sumatra Barat, dan ketiga, 53,33 persen kelurahan dan desa di Maluku Utara.

Untuk provinsi yang kepatuhan terendah menjaga jarak di peringkat pertama ada di desa dan kelurahan di Gorontalo yakni 71,43 persen, kemudian kelurahan dan desa di Maluku Utara 60 persen, dan kelurahan dan desa di Sumatra Barat 56,32 persen.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan tingkat kepatuhan masyarakat ini dipantau semenjak seminggu terakhir yakni dari 26 Juli 2021 hingga 1 Agustus 2021.

Tak hanya itu, Dewi juga menyebutkan ada sembilan provinsi mengalami penurunan kepatuhan menggunakan masker. Juga ada 8 provinsi yang tidak patuh menjaga jarak.

(ila)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -