Di Agam, Harga Cabai Merah Tembus Rp120 Ribu/Kg

Di Agam Harga Cabai Merah Tembus Rp120 RibuKg Foto: Johan Utoyo

Covesia.com - Harga cabai merah di Pasar tradisional Kabupaten Agam, Sumatera Barat kini mencapai Rp120 ribu per kilogram. Hasil pemantauan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah (Disperindag Kop UMKM) Agam, diketahui saat ini para pedagang di pasar tradisional menjual dengan harga Rp120 ribu/kg atau meningkat Rp20 ribu dari minggu lalu.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kop UMKM Agam Nelfia Fauzana mengatakan, kenaikan harga cabai merah ini susah terjadi semenjak Idul Fitri 1443 Hjriyah, sebelumnya harga si merah pedas tersebut dijual sebesar Rp45 ribu/kg dan terus melonjang hingga Rp120 ribu/kg.

Dikatakannya, melonjaknya harga cabai dipicu berkurang pasokan baik di Agam maupun daerah lainnya, selain itu kenaikan harga pestisida dan pupuk secara siknifikan menjadi salah satu faktor meningkatnya harga jual.

"Ini sesuai dengan hukum ekonomi. Apabila pasokan menipis, maka harga bakal naik selain itu cuaca yang tidak menentu juga berdampak kepada kurangnya hasil panen," katanya, Jumat (17/6/2022).

Selain harga cabai merah, harga cabai rawit juga naik dari Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu/kg, bawang merah dari Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu/kg, bawang putih dari Rp23 ribu menjadi Rp24 ribu/kg dan kol dari Rp10 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga