Seluruh Sapi Terpapar PMK di Padang Sudah Dinyatakan Sembuh

Seluruh Sapi Terpapar PMK di Padang Sudah Dinyatakan Sembuh Ilustrasi pemeriksaan sapi yang terpapar PMK beberapa waktu yang lalu (Foto: dok. Disnakeswan Sumbar)

Covesia.com - Seluruh hewan ternak Sapi yang terpapar wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Padang sudah dinyatakan sembuh. Sebelumnya hewan yang terjangkit PMK di Padang berjumlah 32 ekor.

Hewan tersebut ditemukan pada Sapi di dalam satu kandang penampungan yang sama di Kecamatan Lubuk Begalung, Padang pada 13 Mei 2022 lalu, yang mana seluruh hewan tersebut berasal dari luar Padang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, katanya, berdasarkan hasil laboratorium seluruh hewan yang terpapar wabah PMK di Padang sudah dinyatakan sembuh. "PMK ditemukan awalnya 13 Mei lalu pada hewan ternak sapi, hingga sepekan yang lalu seluruh sapi yang terjangkit PMK di Padang sudah dinyatakan sembuh," tuturnya.

"Hingga kini tidak ada penambahan kasus maupun hewan sakit PMK di Padang. Potong bersyarat maupun mati akibat PMK juga tidak ada," ujarnya saat dihubungi, Rabu (22/6/2022).

Kendati begitu, Syahrial mengatakan, meskipun seluruh hewan sudah dinyatakan sembuh pihaknya akan tetap melakukan pengawasan terhadap hewan ternak baik yang di dalam daerah maupun dari luar daerah. 

"Antisipasi harus tetap dilakukan, kita tidak ingin ada lagi hewan di Padang yang terpapar wabah PMK," sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, hewan yang paling rawan terpapar PMK itu adalah hewan ternak yang masuk dari luar daerah Padang. "Paling rawan hewan yang masuk, untuk itu kami pelakukan penjagaan di perbatasan lalu lintas ternak," tuturnya.

"Tidak menutup kemungkinan, kami juga akan melakukan pengecekan hewan ternak langsung ke kandang penampungan hewan, agar nol kasus hewan sakit PMK di Padang ini dapat dipertahankan," imbuhnya. 

(lsa) 

Berita Terkait

Baca Juga