Hadapi Piala Dunia U-20, Pelatih Timnas Indonesia Butuh Pemain Naturalisasi Berpostur Tinggi

Hadapi Piala Dunia U20 Pelatih Timnas Indonesia Butuh Pemain Naturalisasi Berpostur Tinggi Foto: Suara.com

 Covesia.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berbicara soal kebutuhan pemain naturalisasi untuk melengkapi pasukan Garuda Muda di Piala Dunia U-20.

Shin Tae-yong mengatakan, butuh pemain naturalisasi dengan postur tinggi dan kemampuan yang siap menghadapi lawan dunia.

Menurut Shin Tae-yong, beberapa posisi yang perlu ditambal adalah stopper, bek kiri dan kanan, serta gelandang untuk melapis Marcelino Ferdinan.

Dikatakannya di kancah Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia akan menghadapi lawan yang keras dan berat.

"Khusus untuk tim U-19 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun," kata Shin Tae-yong (22/7/2022) dikutip dari laman resmi PSSI.

"Saat tampil di Piala Dunia U-20, kita akan menghadapi tim dengan postur yang tinggi-tinggi dan kekar. Jadi tentu di tim ini butuh pemain baru termasuk pemain naturalisasi," tambahnya.

Shin Tae-yong menyoroti pemain yang kurang percaya diri ketika menghadapi tim -tim yang lebih kuat dan harus diperbaiki karena saat Piala Dunia U-20, Indonesia akan menghadapi tim-tim kuat dari Eropa, Amerika Latin, maupun Asia.

"Saya harus akui percaya diri tim ini kurang pada awalnya termasuk mental khususnya menghadapi tim-tim besar. Tetapi, perlahan pemain mulai bisa mengatasi masalah ini. Anda lihat di Piala AFF, mental itu mulai bisa teratasi dan itu harus terus dipertahankan saat menghadapi tim besar," imbuh pelatih asal Korea Selatan tersebut yang dilansir dari Suara.com.

Manager Tim U-19, Endri Erawan setuju dengan usulan Shin Tae-yong untuk menambah pemain baru termasuk melakukan naturalisasi khsusunya dari Belanda.

"Kenapa dari Belanda karena di negara itu banyak pemain keturunan Indonesia di sana. Jadi ke depan kalau mau melakukan pemusatan latihan lebih baik di Belanda. Selain bisa melihat calon pemain naturalisasi di sana, klub-klub di Belanda juga sangat kuat, sehingga ketika uji coba sangat bermanfaat," imbuh Endri.

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga