BI Sumbar Kembali Adakan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau

BI Sumbar Kembali Adakan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau

Covesia.com - Mendukung Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan FESyar Sumatera, Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FESmina), di Padang pada Rabu-Sabtu (27-30/7/2022) mendatang. 

Kepala BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama mengatakan, FESmina tahun 2022 merupakan kegiatan kedua yang diadakan di Sumbar tempatnya di Kota Padang.

"Ini adalah kegiatan kedua, sebelumnya telah kita laksanakan di tahun 2021," tuturnya, Rabu, (27/7/2022) pada saat memberikan sambutan di Opening Ceremony Festival Ekonomi Syariah Minangkabau Aula Nan Tongga, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat.

Lanjutnya, secara umum FESmina memiliki tiga kegiatan utama yaitu, Opening ceremony, Sharia Economic Forum serta Sharia Fair.

Sambungnya, kegiatan, Sharia Economic Forum akan diadakan secara luring dengan tema Sinergitas dan Koordinasi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Peningkatan Pemberdayaan Usaha Syariah. Kegiatannya berupa berupa workshop terkait Brainstroming Pengembangan Ekosistem Bisnis HEBITREN dan Penguatan Kelembagaan Peran serta Pesantren Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sementara itu kegiatan Sharia Fair terdiri 3 diantaranya diantara, Mini Fair yang menampilkan 25 UMKM Syariah Binaan KPw BI Sumbar, terdiri dari fashion, food dan Kriya yang dilaksanakan di Lantai 1 Transmart Padang. Selanjutnya, Live Selling produk UMKM sebagai alternative promosi dalam rangka meningkatkan penjualan serta Business matching dalam rangka meningkatkan penjualan produk UMKM.

"Tanggal 28-30 Juli 2022 mari kita ramaikan acara FESmina di lantai 1 Transmart Padang," katanya.

Lanjut Wahyu Purnama, FESMina 2022 juga menyelenggarakan berbagai macam perlombaan, seperti pemilihan lembaga ZISWAF terbaik di Sumatera Barat, pemilihan wirausaha muda berbasis Syariah, lomba kreasi busana muslim dengan menggunakan kain daerah, lomba video kesenian tari Islami, lomba MTQ, lomba Kaligrafi, lomba Pondok Pesantren Unggulan serta lomba Nasyid

"Dari kegiatan perlombaan itu, dipilih pemenang yang nantinya akan mewakili Sumbar di tingkat FESyar Regional Sumatera di Aceh pada (4-6/8) mendatang secara hybrid," tuturnya.  

(lsa) 


Berita Terkait

Baca Juga