Curhat Elkan Baggott Pernah Dicuekin PSSI Saat Ingin Gabung Timnas Indonesia

Curhat Elkan Baggott Pernah Dicuekin PSSI Saat Ingin Gabung Timnas Indonesia Foto: Suara.com

Covesia.com - Pemain keturunan Elkan Baggott mengungkapkan cerita bahwa dirinya pernah dicueki oleh federasi (PSSI) ketika hendak menyampaikan ingin membela timnas Indonesia.

Elkan Baggott merupakan pemain kelahiran Bangkok, Thailand yang punya darah Indonesia-Inggris. Sejatinya ia bisa membela satu dari tiga negara tersebut.

Siapa sangka ternyata Elkan Baggott sudah memantapkan diri bahwa ia ingin membela timnas Indonesia. Hal itu dilakukan karena ia berharap membela negara dari keluarga ibunya.

"Saya ingat ketika saya memulai akademi Ipswich Town, cita-cita saya adalah selalu bermain untuk Indonesia dan mewakili pihak keluarga ibu saya," ucap Elkan Baggott dikutip dari wawancara livescore.com.

Demi mewujudkan mimpinya, Elkan Baggott ternyata telah mengirim e-mail ke pihak PSSI. Namun, nyatanya hal itu tidak berhasil karena federasi tak menggubris.

Singkat cerita, Elkan kemudian bisa berhubungan dengan timnas Indonesia melalui agen yang dikenalkan oleh timnya. Dari agen itu kemudian bek berusia 19 tahun ini berhubungan dengan skuad Garuda.

"Kami mengirim email ke federasi yang tidak pernah dijawab! Tapi salah satu teman saya yang seumuran dengan saya dan bermain di Lincoln, pada saat itu mengenal seorang agen di luar sana. Dia yang membuat saya berhubungan dengan tim nasional," cerita Elkan.

Alhasil Elkan Baggott yang masih berusia muda dipanggil ke tim U-19. Kala itu, tim muda tersebut dipersiapkan untuk ajang Piala Dunia U-20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Sayangnya Piala Dunia U-20 diundur karena adanya pandemi dan dijadwalkan pada tahun 2023 mendatang. Sehingga umur Elkan Baggott sudah tidak bisa lagi.

Sempat muncul isu juga bahwa Elkan Baggott menolak panggilan dari timnas. Kendati begitu, bek berpostur 1,94 meter ini menyatakan niatnya untuk berseragam Merah Putih.

Pada akhirnya Elkan Baggott datang ke Jakarta dan mendapatkan status WNI. Setelah itu, namanya langsung dipromosikan oleh Shin Tae-yong ke tim senior.

"Saya memainkan pertandingan pertama saya dengan U-19 dan kemudian untungnya pelatih senior, yang sangat akrab dengan saya, mempromosikan saya ke tim utama dengan cukup cepat," ujarnya.

Kini Elkan Baggott sendiri sudah mencatatkan 10 caps bersama timnas Indonesia. Ia bahkan sudah membuat dua gol dengan seragam merah putih.

Terbaru prestasinya bersama skuad Garuda adalah membantu tim untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga