Temu Pelaku IKM di Pesisir Selatan, Bank Nagari Siap Membantu Pemodalan Melalui Kredit KUR

Temu Pelaku IKM di Pesisir Selatan Bank Nagari Siap Membantu Pemodalan Melalui Kredit KUR

Covesia.com - Bank Nagari Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) siap memberikan dukungan dan membantu permodalan bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di daerah tersebut. 

Bentuk dukungan itu, disampaikan langsung oleh Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Helfiyanrika saat menghadiri kegiatan Temu Akbar Pelaku IKM di Gedung Painan Convention Center (PCC) Painan, Selasa (2/8/2022).

"Ya kita dari Bank Nagari siap membantu dan memberikan dukungan bagi pelaku usaha menengah kecil (IKM) melalui sejumlah program pengkreditan seperti KUR dan akses permodalan yang dimiliki Bank Nagari," ungkapnya pada Covesia.com. 

Disampaikannya, khusus untuk pelaku usaha skala kecil, Bank Nagari menyediakan pinjaman tanpa agunan maksimal senilai Rp10 juta.

Kemudian, pihaknya juga menyediakan bantuan permodalan dari pengkreditan KUR mencapai Rp500 juta. 

"Untuk pengurusannya, kita jamin dan diberikan kemudahan tanpa melibatkan rentenir yang mempersulit pelaku IKM," ujarnya. 

Diketahui, kegiatan itu digelar secara bersama oleh Forum Industri Kecil Menengah (FIKMA) Kabupaten Pesisir Selatan, dan dihadiri oleh ratusan pelaku IKM, pertemuan itu juga dihadiri Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansah, Ketua TP PKK Ny. Titi Rusma Yul Anwar, Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi, Mimi Riarty Zainul, Pimpinan Bank Nagari Painan, Helfiyanrikserta sejumlah kepala perangkat daerah.

Dikesempatan tersebut, Ketua FIKMA Pesisir Selatan, Okvina Juita selaku penggagas kegiatan bersama kepengurusan mencoba merangkul seluruh IKM untuk maju bersama.

Menururtya, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi industri yang luar biasa. Ribuan pelaku dari skala rumah tangga, kecil hingga menengah tersebar di 15 kecamatan di Pesisir Selatan dapat memperkuat ekonomi daerah.

"Namun, selama ini pelaku industri kecil dan menengah kita masih banyak yang bergerak sendiri -sendiri. Karena itu  perlu diadakan sebuah pertemuan agar terjalin sinergi, kolaborasi dan semangat bergerak bersama antara sesama pelaku industri di Pesisir Selatan," tuturnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hardiansyah, meminta pelaku IKM untuk maju ke tingkatan yang lebih tinggi. Dari industri kecil progressnya bisa menjadi industri menengah bahkan skala besar.

"Untuk realisasinya, tentu membutuhkan langkah cepat dan inovasi dalam berusaha dengan konsep dan strategi yang matang dalam mengembangkan usaha," kata Wabup Pessel. 

Lanjutnya, Rudi menyemangati pelaku IKM untuk terus menjalankan usahanya meskipun dihadang rintangan. Karena pada prinsipnya tidak ada pengusaha yang langsung sukses dan berhasil.

"Kalau ada usaha, pertama rugi. Itu wajar, anggap saja itu sebagai bagian dari investasi kita dalam berusaha," paparnya. 

(ind) 

Berita Terkait

Baca Juga