BerandaNewsSurvei Spektrum Politika Institut, Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat di Pemilu 2024

Survei Spektrum Politika Institut, Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat di Pemilu 2024

- Advertisement -

Covesia.com – Lembaga survei Spektrum Politika Institute melakukan survei terkit Dinamika perubahan persepsi dan perilaku memilih masyarakat Pasca Pemilu 2019. 
Survei tersebut melibatkan 1.240 sampel yang diwawancarai langsung dengan margin of error sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia. 


Sejumlah pertanyaan diajukan kepada responden, terutama mengenai calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024.
“Hasil survei ini menemukan persaingan yang ketat di antara calon presiden dan wakil presiden, preferensi politik masyarakat ada pada nama Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Tengah dengan angka elektabilitas mencapai angka 16,9 persen.

Sementara, Prabowo Subianto hanya menapatkan dukungan sebesar 16,4 persen, “ungkap Direktur Data dan Riset, Spektrum Politika Institut, Andri Rusta melalui siaran persnya, Kamis (19/8/2021). 


 Selanjutnya elektabilitas ini dibayangi oleh Anies Baswedan dengan elaktabilitas 10,2 persen. 


Elektabilitas calon presiden dengan simulasi menggunakan kartu nama-nama calon presiden, juga bersaing ketat antara Ganjar Pranowo yang memperoleh suara 21,9 persen berbanding Prabowo Subianto yang hanya mendapatkan 20,6 persen. Sementara Anies memperoleh 13,8 persen  dukungan masyarakat. 


Peluang Ganjar dan Anies ini semakin besar karena popularitas dan tingkat penerimaan masyarakat kepada mereka masih bisa ditingkatkan menjelang Pemilu 2024. 


“Saat ini, popularitas Anies Baswedan justru lebih unggul sebesar 86,1 persen dibandingkan Ganjar yang hanya mencapai 71,1 persen. Sementara, tingkat penerimaan terhadap Anies Basweda sebesar 60,5 persen dibandingkan dengan Ganjar Pranowo diangka 52,4 persen,” jelasnya. 


Sedangkan Prabowo Subianto tingkat popularitas sudah sangat tinggi mencapai 93,1persen dan tingkat penerimaan masyarakat sebesar 65,3 persen. 


Menariknya, jika dilakukan simulasi dua nama (head to head) dari tiga calon presiden di urutan teratas ini, maka elektabilitas Prabowo Subianto, memang masih unggul dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 


Angka elektabilitas Prabowo vs. Ganjar adalah 42,1 persen vs. 33,3 persen. Sedangkan Prabowo vs Anies adalah 40,4 persen vs. 28,9persen. Sementara elektabilitas Ganjar vs. Anies adalah 34,5 persen vs 37,4 persen. 
Diurutan ke empat ada nama Sandiaga Salahuddin Uno dengan persentase 7,7 persen, kemudian Tri Rismaharini 4,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono, 4,4 persen, Ridwan Kamil 4,3 persen, Zulkifli Hasan 2,9 persen, Puan Maharani 2,8 persen, Airlangga Hartato 0,8 persen. 

(ila)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -