Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unand Kerjasama Dengan Perancis dan Jepang

Padang – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi perlu dilakukan kerjasama dengan banyak pihak. Tak ketinggalan Pascasarjana FMIPA Unand, setelah dengan Jepang, dalam waktu dekat akan dijajaki pula kerjasama dengan Perancis.

Kerjasama dengan Jepang, dilakukan dengan Universitas Shinsui, Ghifu, Okayama dan Nagoya. Demikian disampaikan Koordinator Pascasarjana FMIPA Unand Prof. Hermansyah Aziz di kampus Unand Limau Manis, Rabu (12/11).

Dipilihnya Jepang dan Perancis, menurut Hermansyah dikarenakan di negara tersebut ilmu sains sangat berkembang pesat.

“Ditambah dengan banyaknya dosen di FMIPA yang menamatkan pendidikan doktornya di sana,” ujar guru besar yang doktornya lulusan Perancis ini.

Kerjasama yang telah dilakukan dengan Jepang dalam bentuk double degree, dimana Pascasarjana FMIPA Unand mengirim mahasiswa untuk kuliah di Jepang selama beberapa bulan, sementara tamatnya tetap di Unand.

Kemudian kerjasama lainnya dalam bentuk dosen tamu. Terbatasnya peralatan untuk menganalisa sampel, dilakukan juga kerjasama penelitian dengan mengirim sampel-sampel ke Jepang untuk diteliti di sana.

Beberapa harapan disampaikan, khususnya mengenai infrastrukur laboratorium yang masih memerlukan perhatian serius, karena teknologi yang dinamis dan mahasiswa yang terus meningkat. Begitu juga dengan keterbatasan ruangan perkuliahan.

“Keterbatasan itu tidak menghambat langkah kami untuk memberikan yang terbaik kepada mahasiswa,” ujar Hermansyah (lif)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password