Satpol PP Padang Ungkap ada Indikasi Provokasi Alumni saat Tawuran Antar Siswa

Satpol PP Padang Ungkap ada Indikasi Provokasi Alumni saat Tawuran Antar Siswa

Covesia.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang akan terus berupaya mengantisipasi aksi tawuran antar pelajar SMP di Kota Padang.

Kepala Satpol PP Kota Padang, Mursalim mengatakan, antisipasi ini akan dilakukan pihaknya untuk meminimalisir aksi tawuran di Kota Padang.

"Kita tetap berupaya antisipasi sesuai informasi yang didapatkan dan patroli di sekitaran sekolah," ujarnya saat ditemui di Kantor Disdik Padang usai menghadiri rapat bersama Disdik Padang dan jajaran Kepala Sekolah SMP di Kota Padang, Selasa (20/9/2022).

Dia mengungkapkan pihaknya juga akan memantau tempat-tempat yang terindikasi sebagai tempat berkumpul sebelum tawuran.

"Biasanya mereka sebelum tawuran ada tempat kumpul, seperti di warung atau lapangan di sekitar sekolah. Nanti akan dipantau. Kalau ada siswa yang kedapatan berkumpul di jam sekolah baik siswa SMP atau usianya setara dengan SMP maka akan kami bawa ke Mako," ujarnya.

Dia mengatakan saat pertemuan dengan seluruh kepala sekolah SMP di Kota Padang, ia meminta agar pihak sekolah  tidak komplain jika ada siswanya yang kedapatan berkeluyuran di luar sekolah pada jam pelajaran.

Selain itu, dia meminta agar pihak sekolah segera menghubungi Satpol PP apabila terdapat informasi tawuran.

"Kita akan monitor jika ada laporan. Kita berharap sekolah juga betul-betul melakukan pengawasan terhadap siswanya," ujarnya.

Dia mengungkapkan aksi tawuran kebanyakan diindikasi oleh campur tangan oknum alumni SMP tersebut atau mantan siswa yang drop out dari sekolah.

"Ada campur tangan dari oknum alumni. Jadi mereka memprovokasi anak SMP ini sehingga tawuran itu terjadi,", jelasnya.

Mursalim berharap kepada orang tua siswa untuk selalu melakukan pengawasan terhadap perilaku anak. Selain itu, dia meminta kepada masyarakat untuk melaporkan apabila terdapat ciri-ciri akan terjadi tawuran.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga