Waktu Jam Gadang Bukittinggi Disinkronisasi Sesuai Standar Nasional

Waktu Jam Gadang Bukittinggi Disinkronisasi Sesuai Standar Nasional
Covesia.com - Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) bersama Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat sinkronkan waktu Jam Gadang dengan standar waktu nasional, kegiatan ini dilaksanakan secara resmi di Taman Jam Gadang, Selasa (20/9/2022).

Kepala BMKG Padang Panjang, Suaidi Ahadi mengatakan BMKG memiliki tupoksi untuk penyesuaian standar waktu nasional termasuk penyesuaian waktu Jam Gadang yang menjadi rujukan di kota wisata.

“Jam Gadang sebagaimana kita ketahui, merupakan pusat Kota Bukittinggi yang sekaligus menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat Bukittinggi khususnya untuk melihat dan menyamakan tanda waktu, untuk itu standar waktu di Jam Gadang harus selalu merujuk ke standar nasional, sehingga kita lakukan sinkronisasi,” katanya.

Ia menyampaikan, bahwa untuk sinkronisasi waktu, masyarakat juga dapat mengakses www.jam.bmkg. go.id.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengapresiasi perhatian BMKG yang telah melakukan penyesuaian waktu Jam Gadang dengan standar nasional.

Sehingga waktu yang dilihat masyarakat melalui Jam Gadang, merupakan waktu yang benar dan sesuai standar nasional.

“Terima kasih kami ucapkan pada BMKG, Jam Gadang ini adalah generator kota, semua orang memperhatikan Jam Gadang sebagai magnet dan juga tentunya penanda waktu terbesar di Sumbar," ujarnya.

Ia mengatakan penyinkronan tanda waktu Jam Gadang akan diikuti oleh masyarakat khususnya SKPD agar tidak terjadi kesalahan dalam operasi kerja.

"Jika ada kesalahan waktu pada Jam Gadang, tentu akan banyak juga yang salah, nanti seluruh SKPD juga harus sinkronkan waktunya agar semua sama. Kita setting ulang nanti semua, termasuk petugas di Jam Gadang juga harus rutin melakukan pengecekan,” ungkap Wako.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga