37 Provinsi se-Indonesia Akan Ikuti Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki di Padang

37 Provinsi seIndonesia Akan Ikuti Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki di Padang Ilustrasi (Dok.Covesia)

Covesia.com - Sumatera Barat terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Ketua Umum PB Forki. Kejuaraan tersebut akan digelar di Kota Padang selama empat hari berturut-turut. 

Kejuaraan Nasional itu akan dihelat di Gor Universitas Negeri Padang (UNP) mulai dari Senin-Kamis (3-6/9/2022) mendatang, dengan kategori kadet, junior, under-21 dan senior.  

Andre Rosiade, melalui Alvira selaku Ketua Panitia Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki mengatakan, Sumbar akan menjadi tuan rumah Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki tahun ini. 

"Kejuaraan ini akan dikuti sebanyak 37 provinsi se-Indonesia dan 25 perguruan karate se-Indonesia dengan menghadirkan 1.500 hingga 2.000 peserta," jelasnya.

Lanjutnya, terpilihnya Sumbar menjadi tuan rumah pada kejuraan nasional ini tidak terlepas dari tangan Ketua Umum Forki Sumbar, Andre Rosiade. 

"Kita dapat menjadi tuan rumah pada kejuaraan tingkat Nasional ini berkat Ketua Umum Forki Sumbar, Andre Rosiade. Beliau ingin kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kota Padang dengan banyaknya masyarakat yang datang dari luar Sumbar," tuturnya. 

Kata Alvira, pada pembukaan nanti akan dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum PB Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Hadi Tjahjanto, yang juga menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Pak Hadi selaku Ketua Umum akan hadir dan membuka secara resmi Kejurnas ini," kata Alvira saat konferensi pers di Padang, Rabu (21/9/2022). 

Alvira menyebutkan, Kejurnas ini dilaksanakan sebagai wadah seleksi atlet tim nasional mewakili Indonesia di ajang karate world championship pada November 2022 mendatang. 

"Kegiatan ini kita harapkan dapat menjadi momentum untuk Kota Padang selaku tuan rumah dan juga atlet karate di Sumbar dapat mengikuti maupun menyaksikan atlet-atlet terbaik di Indonesia," ujarnya.

Lanjutnya, Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki akan mempertandingkan empat kategori yang terbagi dari 54 kelas. 

"Kategori terdiri dari kategori kadet, junior, under-21 dan senior dengan memperebutkan sebanyak 244 medali," jelasnya. 

"Selaku tuan rumah, kita berharap kontingen Sumbar optimis meraih prestasi terbaik dalam Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki dan pelaksanaanya dapat berjalan dengan lancar," imbuhnya. 

Kata Alvira, yang juga selaku Ketua Harian PB Forki Sumbar mengatakan, puluhan atlet yang mewakili Sumbar merupakan hasil seleksi dari Kejurda Karate yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. 

"Sebanyak 95 atlet karate perwakilan Sumbar yang terbagi dalam dua tim akan berlaga pada kejuaraan nasional tahun ini, untuk target perolehan medali di Sumbar kami belum dapat menyebutkan. Tapi selaku tuan rumah kami berharap Sumbar menoreh prestasi yang membanggakan dalam kejuaraan ini," pungkasnya.

(lsa) 


Berita Terkait

Baca Juga