Sejak 1938, Belanda Tak Pernah Kalah dalam Pertandingan Pembukaan Piala Dunia

Sejak 1938 Belanda Tak Pernah Kalah dalam Pertandingan Pembukaan Piala Dunia

Covesia.com - Belanda memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia sejak tahun 1938, setelah mengalahkan Senegal 2-0, Senin (21/11/2022).

Dua gol tercipta di menit akhir melalui Cody Gakpo dan pemain pengganti Davy Klaassen dalam pertandingan pertama mereka di Grup A Piala Dunia yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Qatar.

Belanda yang absen di Piala Dunia 2018, awalnya seperti akan bermain imbang tanpa gol setelah menyia-nyiakan beberapa peluang bagus. Tetapi, Cody Gakpo berhasil menyusup ke lini pertahanan Senegal, lalu menyundul bola umpan silang dari Frenkie De Jong ke gawang.

Gakpo menciptakan gol pembuka tersebut setelah masuk menggantikan Cheikhou Kouyate yang ditarik keluar karena cedera.

Memasuki sembilan menit tambahan waktu (90+9), Belanda menggandakan gol. Bola diterima Memphis Depay di sisi kanan. Dia coba menembak, tapi  berhasil ditepis. Klaassen kemudian menuntaskannya hingga membuahkan gol kedua.

Belanda tergabung di grup bersama Ekuador, yang menang 2-0 atas Qatar pada Minggu, dengan tiga poin di puncak grup.

Gakpo yang berusia 23 tahun, kini telah mencetak tiga gol dalam empat pertandingan piala dunia terakhirnya.

Belanda kini tak terkalahkan dalam 16 pertandingan di bawah pelatih Louis van Gaal. Mereka juga memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia sejak tahun 1938.

(lif)

Baca Juga