UIN IB Padang Diterpa Isu Pelecehan Seksual, Begini Tanggapan Pihak Kampus

UIN IB Padang Diterpa Isu Pelecehan Seksual Begini Tanggapan Pihak Kampus Ketua Senat UIN Imam Bonjol Padang Prof Duski Samad

Covesia.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang diterpa isu pelecehan seksual oleh oknum dosen kepada mahasiswi. Hal itu disampaikan, Menteri Advokasi Hukum dan HAM Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Imam Bonjol Padang Ulva Salsabillah di depan Gedung Rektorat, Rabu (23/11/2022).

Ulva Salsabillah, mengatakan, sejauh ini pihaknya telah mendapatkan laporan bahwa ada mahasiswa yang mendapatkan pelecehan seksual di kampus tersebut. 

"Kami mendapatkan laporan terkait isu pelecehan, tetapi mereka tidak berani untuk terbuka karena tidak adanya aturan yang sah mengenai pelecehan ini," katanya.

Merespons hal itu, Ketua Senat UIN Imam Bonjol Padang Prof Duski Samad mengatakan, jika ada kasus-kasus berupa pelecehan seksual perlu adanya bukti.

"Jika ada kasus pelecehan seksual maupun pungli di lingkungan kampus tentu perlu ada bukti, hingga kini kami belum mengantongi bukti tersebut," ujarnya diwawancrai Covesia.com selepas aksi berlangsung.

Dia meminta agar mahasiswa yang merasa menjadi korban untuk melapor. "Saya pastikan akan melindungi," sambungnya.

Duski menambahkan, jika telah ditemukan ada bukti pelcehan seksual, maka pihaknya akan segera menindalanjuti. 

"Agar bisa ditindaklanjuti kami menunggu bukti-bukti dari mahasiswa," katanya.

Baca Juga