Tilang Elektronik di Padang Resmi Diberlakukan Hari Ini

Tilang Elektronik di Padang Resmi Diberlakukan Hari Ini Foto: @satlantaspolrestapdg

Covesia.com - Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) melaunching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile atau tilang elektronik secara resmi diberlakukan hari ini, Kamis (1/12/2022) di Kota Padang.

Diketahui tilang mobile ini diberlakukan dengan menggunakan kamera handphone yang dikendalikan personel polisi lalu lintas (Polantas) di lapangan. 

"Dalam penerapan tilang mobile ini kita telah menyiapkan 63 unit handphone yang nantinya digunakan personel lalu lintas di lapangan. Sebelumnya, juga sudah disosialisasikan selama dua minggu belakangan," ungkap Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya. 

Kemudian kata Hilman, tilang mobile bisa diterapkan dimana saja karena kamera handphone dikendalikan oleh personel. Apabila ditemukan pelanggar lalu lintas, personel langsung memotret. 

"Jadi kalau ada pelanggar langsung difoto ketika anggota patroli pakai sepeda motor maupun mobil patroli," ujar Hilman.  

Selanjutnya, kata Hilman, foto pelanggar lalu lintas akan diunggah ke sistem yang telah disiapkan. Data pengendara ditemukan sehingga surat tilang dapat segera dikirim ke alamat dengan menggunakan Kantor Pos Indonesia.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyampaikan, untuk tilang mobile ini baru dimulai di Kota Padang, karena sarana dan prasarana yang digunakan dalam tilang mobile ini masih terbatas. 

"Tapi minimal langkah sosialisasi awal ini adalah menjadi bagian penting pemahaman seluruh masyarakat Sumbar pada umumnya terkait pemberlakuan tilang mobile di Kota Padang," ungkap Kapolda. 

Ia mengatakan, tilang mobile akan secepatnya diterapkan di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar. Dengan dimulainya di Kota Padang, setidaknya menginformasikan ke seluruh masyarakat. 

"Bahwa Polri dalam melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas telah dilakukan secara digital," jelasnya. 

Lebih lanjut kata Kapolda, dengan penerapan tilang mobile ini akan meminimalisir gesekan antara petugas dengan masyarakat. Sehingga image negatif terhadap Polantas dapat dihilangkan. 

"Ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman antara petugas dan pelanggar lalu lintas. Polisi lalu lintas itu bersih, ini tujuannya," kata dia. 

(don) 

Baca Juga