Gunung Kerinci Erupsi, Tinggi Lontaran Abu Vulkanik Capai 700 Meter

Gunung Kerinci Erupsi Tinggi Lontaran Abu Vulkanik Capai 700 Meter Erupsi Gunung Api Kerinci pagi tadi, Selasa (6/12/2022)(Foto: dok. PVMBG Kerinci)

Covesia.com - Gunung Api Kerinci yang terletak di Kab\Kota Kerinci, Jambi dan Solok Selatan, Sumatera Barat, terjadi erupsi pada Selasa  (6/12/2022) pukul 08:22 WIB dengan ketinggian kolom abu teramati lebih kurang 700 meter di atas puncak 4505 meter di atas permukaan laut.

Dari data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Api Kerinci, menyampaikan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah Barat Daya. 

"Dan Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi 60 detik," kata PVMBG.

Dengan terjadinya erupsi ini, PVMBG merekomendasikan, bahwa masyarakat di sekitar Gunung Api Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Api Kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif.

Kemudian sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Api Kerinci dihindari, karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

(*)

Baca Juga