BerandaHeadlineTangis Pilu Pedagang Korban Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi, Berharap Bantuan dan Relokasi

Tangis Pilu Pedagang Korban Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi, Berharap Bantuan dan Relokasi

- Advertisement -

Covesia.com – Tak banyak yang bisa dilakukan para pedagang korban kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi yang terjadi pada Sabtu (11/9/2021) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Pasrah dan terima keadaan, mungkin hal itu yang kini bisa dirasakan para pedagang di los ‘Maco’ Pasar Bawah Bukittinggi.

Sejumlah pedagang hanya bisa pasrah dengan keadaan kios mereka yang hangus dilalap sijago merah, meski tampak secercah harapan terhadap sisa barang-barang dagangan yang masih bisa dan layak dijual kembali.

Dengan raut wajah sedih, sejumlah pedagang masih berusaha membersihkan barang-barang yang belum sempat di makan api. Di bawah puing-puing sisa kebakaran para pedagang mengumpulkan kembali sisa-sisa harapan mereka.

Foto: Covesia/Debi Kurnia

Pedagang berharap pemerintah Kota Bukittinggi segera menyediakan lokasi berdagang yang baru, agar para pedagang bisa kembali menyambung hidup mereka. Mereka juga berharap ada uluran tangan dari pemerintah untuk meringankan beban pedagang yang tertimpa musibah.

Salah seorang pedagang bumbu, Edi Caya (58) menuturkan tidak satupun barang dagangannya yang bisa diselamatkan dari musibah kebakaran tersebut.

Edi telah berusaha menyelamatkan barang dagangannya ketika kejadian tersebut, namun apa daya, setiba di lokasi api sudah membesar. Dia mengaku mengalami kerugian lebih kurang Rp40 juta rupiah.

Tidak hanya Edi, sejumlah pedagang lain mengaku tidak bisa menyelamatkan barang dagangannya karena rata-rata kios pedagang terbuat dari kayu yang mudah di lahap api. Ratusan kios pedagang baik kios ayam, telur, maco atau ikan asin, saka atau gula aren, bumbu, cabai dan lainnya hangus terbakar.

Foto: Covesia/Debi Kurnia

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pasar Bukittinggi, Isra Yonza menyampaikan segera mencarikan lokasi baru bagi pedagang untuk sementara.

Pihaknya juga akan berupaya membenahi lokasi Pasar Bawah Bukittinggi dan tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan renovasi dengan menggunakan dana pusat karena sebelumnya menteri perdagangan telah mengunjungi kawasan Pasar Bawah Bukittinggi beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan yang dilakukan itu, para pedagang berharap adanya perbaikan pasar karena banyak lokasi dan lapak pedagang yang tak layak lagi, termasuk insfrastruktur di dalam pasar. Pedagang menyambut baik rencana pemerintah untuk memperbaiki Pasar Bawah Bukittinggi agar transaksi jual beli bisa berjalan lancar.

Pasar Bawah Bukittinggi merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Bukittinggi yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat kota Bukittinggi dan Agam Timur.

Sejauh ini tercatat Pasar Bawah Bukittinggi telah beberapa kali mengalami kebakaran dan kebakaran kali ini termasuk peristiwa kebakaran yang paling besar.

(deb/rdk)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -