Satu Tewas, Serta 10 Orang Dikabarkan Tertimbun Akibat Ledakan Lubang Tambang di Sawahlunto

Satu Tewas Serta 10 Orang Dikabarkan Tertimbun Akibat Ledakan Lubang Tambang di Sawahlunto Korban saat dievakuasi (Foto: tangkapan layar video WAG)

Covesia.com - Evakuasi ledakan lubang tambang di Sawahlunto, tepatnya di PT. NAL ( Nusa Alam Lestari), Lubang SD C2 (Lori 2), Parambahan, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto pada Jumat (9/12/2022) pagi masih terus dilakukan.

Update terbaru 1 orang dikabarkan tewas akibat kejadian ini, dan 2 korban telah berada di UGD RSUD Kota Sawahlunto dalam kondisi selamat namun satu orang mengalami shock berat dan luka bakar. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Abdul Malik, melalui Kasiops Octavianto mengatakan perkiraan jumlah korban ada 12 orang.

"2 orang mengalami Luka bakar serius dan di evakuasi ke RSUD Kota Sawahlunto, dimana 1 orang selamat dan 1 lainnya meninggal dunia dan 10 orang lagi masih dalam proses pencarian di dalam lubang tambang," terangnya.

Octavianto juga mengatakan pihaknya telah melakukan precom dan excom dengan Polres Sawahlunto serta Pengusulan SMC KKS Padang. 

"Selain pada pukul 11.30 WIB ini, Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang sebanyak 8 Orang dan POS SAR 50 Kota Sebanyak 5 orang personil telah turun juga ke lapangan," jelasnya.

Selain itu katanya, pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan Polres Sawahlunto dan masyarakat setempat.

Disisi lain Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. NAL, Medri membenarkan peristiwa tersebut, namun dia belum menjelaskan berapa jumlah korban.

"Belum bisa kami pastikan, setelah sholat Jumat ini akan kami update", ujarnya.

Sebelumnya Lubang tambang yang berada di Sawahlunto dikabarkan meledak pada Jumat (9/12/2022) sekira pukul 08.30 WIB. Informasi ini beredar didalam WAG, dikatakan juga lokasi ledakan tambang bertempat di WIUP PT. Nusa Alam Lestari, lubang SD C2 (lori 2).

Selain itu diungkapkan juga akibat ledakan didalam tambang tersebut 1 orang dikabarkan mengalami luka bakar yang cukup serius dan langsung di bawa ke RSUD Kota Sawahlunto, serta beberapa korban lainnya masih belum ditemukan.

Covesia.com masih akan terus melakukan update terkait ledakan tambang ini.

(adi/don) 

Baca Juga