- Advertisement -
BerandaNewsVolume Sampah di Sumbar Naik 6 Persen Setiap Tahun

Volume Sampah di Sumbar Naik 6 Persen Setiap Tahun

- Advertisement -

Covesia.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar, Siti Aisyah mengatakan volume sampah yang berada di Sumbar mengalami kenaikan. Rata-rata 6 persen pertahun. 


“Rata-rata kenaikan volume sampah dari tahun 2018-2020 sekitar enam persen pertahun.

Pada 2018 sekitar 72.932 ton, naik jadi 77.095 pada 2019 dan naik lagi menjadi 82.411 ton pertahun pada 2020,” ungkapnya saat melakukan rapat dengan kepala daerah di Bukittinggi, Minggu (12/9/2021). 


Sementara itu, terkait Tempat Pembuangn Akhir (TPA) Regional Payakumbuh menurutnya sudah mengalami over kapasitas. 


“Sampah yang masuk ke TPA Regional itu dari Kota Payakumbuh sebanyak 34 persen, Agam 6 persen, Limapuluh Kota 11 persen dan Bukittinggi 49 persen,”jelasnya. 


Tak hanya itu Siti mengatakan tanggul penahan sampah di TPA Regional Payakumbuh pernah jebol pada 2017 dan menimbun lahan pertanian warga.


“Tanggul itu sudah diperbaiki pada 2018 namun sampah yang menimbun lahan masyarakat belum semua berhasil diangkat,” terangnya.


Pihaknya merekomendasikan agar dilakukan pembebasan lahar seluas satu hektare yang dimanfaatkan untuk mendukung tanggul. Juga mengganti kerugian masyarakat karena lahan itu tidak bisa lagi dimanfaatkan untuk pertanian.


“Semoga perbaikan segera dilakukan kerena ada ancaman jebol jika volume sampah terus ditambah,” pungkasnya.

((Ila)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -