BerandaNewsAnggota DPRD Sumbar Usulkan Hak Angket Terkait ''Surat Sumbangan Gubernur''

Anggota DPRD Sumbar Usulkan Hak Angket Terkait ”Surat Sumbangan Gubernur”

- Advertisement -

Covesia.com – Perihal surat bertanda tangan Gubernur Sumbar mengenai permintaan sumbangan ke sejumlah pihak, sampai saat ini belum selesai diproses oleh pihak kepolisian. Menyikapi kondisi itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar mengajukan hak angket.

Politisi dari Fraksi Demokrat, Nurnas, mengatakan kasus permintaan sumbangan tersebut turut disorot oleh KPK, Mendagri, Ombudsman dan Komisi Informasi (KI) Sumbar.

“Agar persoalan ini dapat diselesaikan secara objektif, maka diajukan hak angket. Juga, menghindari krisis kepercayaan dari masyarakat,” ungkap juru bicara hak angket, Nurnas, di kantor DPRD Sumbar, Selasa (14/9/2021).

Selain itu, menurutnya, hak angket perlu dilakukan guna kepastian hukum. Hal angket diajukan oleh tiga fraksi dan 1 partai (10 anggota partai Demokrat, 14 Gerindra, 6 anggota dari PDIP-PKB dan ditambah 3 anggota dari Nasdem.

“Semuanya 33 anggota mengusulkan dan yang membubuhkan tanda tangan sebanyak 17 anggota. Secara formal sudah terpenuhi dan telah kami sampaikan ke pimpinan,” imbuhnya.

Menurutnya, setelah diajukan hak angket akan diproses oleh Bamus dan baru diagendakan di Paripurna.

(ila/rdk)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -